Ternyata Lari Secara Rutin Seminggu Sekali Bisa Buatmu Panjang Umur

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 27 Desember 2019 10:07
Ternyata Lari Secara Rutin Seminggu Sekali Bisa Buatmu Panjang Umur
Lari memang memiliki banyak manfaat. Salah satunya, bisa bikin kamu panjang umur. Bagaimana bisa? Berikut ini penjelasannya.

Sudah menjadi rahasia umum jika olah raga memiliki berbagai manfaat positif bagi tubuh, tak terkecuali juga lari. Bagi kamu yang ingin berusia panjang, kamu bisa mencoba olahraga yang satu ini. Ternyata, tak hanya membuat tubuh lebih bugar dan sehat, lari secara rutin satu minggu sekali juga bisa menurunkan risiko kematian dini.

Seperti yang dilansir dalam liputan6 (18/12), British Journal of Sports Medicine telah mempublikasian hasil temuan tentang manfaat berlari seminggu sekali ini. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa dengan berlari seminggu sekali dapat menurunkan risiko kematian dini hingga 27 persen. Bahkan, semakin sering kamu berlari, semakin rendah pula peluang untuk mengalami kematian dini.

1 dari 2 halaman

Lari Dapat Menurunkan Peluang Kematian Dini

Elain Murtagh, seorang fisiolog dari Immaculate College di Limerick, Irlandia sebagaimana dilansir dalam Medical Daily mengungkapkan jika hal tersebut merupakan berita yang baik bagi mereka yang kesulitan menemukan waktu berolahraga. Selain itu, ia juga mengatakan jika berapapun jumlah lari yang dilakukan lebih baik dibandingkan tidak sama sekali.

Dalam melakukan penelitian ini, peneliti dari Victoria University, Melbourne, Australia melakukan analisis terhadap 14 penelitian sebelumnya. Selama rentang waktu penelitian yakni antara 5 hingga 35 tahun, ditemukan bahwa sebanyak 25.951 partisipan meninggal dunia dari total 232.149 partisipan.

2 dari 2 halaman

Kemudian, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa mereka yang secara konsisten berlari setidaknya seminggu sekali mempunyai peluang kematian dini lebih rendah 27 persen. Karena itulah, lari sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, bugar, dan juga bisa memperpanjang usia. Bagaimana, sudah memiliki motivasi untuk berlari hari ini?

Beri Komentar