Habis Olahraga, Kamu Mungkin Bakal Alami 5 Hal Aneh Ini lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 4 April 2021 16:27
Habis Olahraga, Kamu Mungkin Bakal Alami 5 Hal Aneh Ini lho!
Mungkin kamu pernah mengalaminya tanpa disadari.

Salah satu agar tubuh tetap sehat dan kuat adalah dengan rutin melakukan olahraga. Banyak variasi olahraga yang bisa dilakukan sehingga aktivitas ini pun nggak membosankan untuk dilakukan.

Namun nggak cuma segar dan keringat yang akan kamu dapatkan setelah olahraga. Beberapa hal aneh pun mungkin juga kamu rasakan. Tanpa disadari, mungkin kamu juga pernah mengalaminya lho!

Apa sih emangnya? Melansir dari Elite Daily via Merdeka.com, ini sejumlah hal aneh yang mungkin bakal kamu rasakan setelah olahraga.

1 dari 6 halaman

Otot Berkedut

Ilustrasi wanita olahraga di gym © Diadona

Ketika kamu selesai olahraga berat misalnya angkat beban, beberapa kali mungkin ototmu terasa berkedut, bukan? Aneh sekali memang, tapi faktanya sering terjadi. Hal tersebut karena otot kelelahan serta elektrolit tubuh yang sedang rendah. Sehingga, sentakan otot pun terjadi pada bagian tubuh tertentu.

2 dari 6 halaman

Sakit Perut

Di tengah-tengah atau setelah olahraga tiba-tiba sakit perut dan ingin buang air kecil atau besar? Ya, banyak sekali yang sudah merasakan kejadian seperti ini. Kemungkinan besar hal tersebut dikarenakan olahraga yang dilakukan merupakan gerakan naik-turun. Gerakan tubuh tersebut menstimulasi usus, sehingga timbulah keinginan buang air.

Selain itu. ternyata makanan dan minuman manis nan bersoda juga memengaruhi. Kandungan gula yang tinggi ketika atau saat olahraga seperti lari sering kali menyebabkan masalah perut.

3 dari 6 halaman

Perut Dingin

Ilustrasi wanita olahraga © Diadona

Setelah olahraga, mungkin kamu pernah merasa perutmu tiba-tiba menjadi dingin. Ternyata, hal tersebut memang kemungkinan besar terjadi setelah olahraga apalagi jika fokusnya melibatkan kaki. Hal ini dijelaskan oleh Gregg DAnrea, pemilik dan pendiri GSTARFIT.

Ketika melakukan olahraga berat yaitu olahraga kaki, darah yang mengandung oksigen akan terkuras. Akhirnya, kaki akan akan mengiri pesan ke otak bawah membutuhkan darah tambahan. Darah pun akan mengalir dan melewati perut. Pada saat itulah rasa aneh di perut seperti dingin akan dirasakan.

4 dari 6 halaman

Napas Sesak

Ketika olahraga berat, ada sebagian orang yang malah merasakan sesak napas. Biasanya hal ini terjadi karena kurang memerhatikan bagaimana cara bernapas yang benar saat olahraga. Padahal, mengambil napas dalam-dalam sampai merasa cukup itu penting banget. Namun karena fokus pada olahraganya, seringkali cara bernapas yang benar pun jadi kelupaan.

5 dari 6 halaman

Paha Gatal

Ilustrasi Wanita Olahraga © Diadona

Ketika kamu sedang istirahat misalnya dari olahraga yang begitu membuatmu lelah, mungkin di antara kalian yang sering merasa pahanya jadi gatal. Ya, kan? Itu normal terjadi. Sebab arteri dan kapiler melebar sehingga darah yang dipompa pada otot jadi lebih banyak. Namun, bisa jadi juga karena kamu kurang minum nih sehingga kulit kering, jadinya gatel deh.

Beri Komentar