Habis Olahraga Minum Air Es, Bagus atau Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 2 April 2021 08:27
Habis Olahraga Minum Air Es, Bagus atau Gak Sih?
Minum air es emang segar banget sih kalau abis olahraga...

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan bagi manusia agar memiliki hidup yang sehat. Setelah olahraga, banyak sekali di antar akita yang memutuskan untuk meminum air es karena berkeringat yang membuat tubuh menjadi panas.

Namun, ada yang mengatakan bahwa minum air es setelah olahraga itu bagus. Namun ada juga yang bilang sebaliknya. Jadi sebenarnya, bagus atau gak sih minum air es setelah olahraga?

Ternyata melansir dari Hello sehat, ternyata minum air es setelah berolahraga bisa jadi membawa risiko tersendiri yang belum pernah kamu ketahui. Apa sajakah itu?

 

1 dari 4 halaman

Tidak Cepat Diserap Tubuh

Ilustrasi Wanita Minum Es © Diadona

Ternyata, air es itu sulit untuk diserap oleh tubuh setelah berolahraga. Padahal, setelah berolahraga tubuh butuh butuh banget cairan karena mudah dehidrasi atau kekurangan cairan. Akhirnya kamu malah akan merasa semakin haus, bahkan rasa kembung.

 

2 dari 4 halaman

Sering Buang Air Kecil

Kemungkinan besar yang akan terjadi adalah kamu akan jadi sering buang air kecil jika minum air es, apalagi setelah olahraga. Semakin dingin usus halus, semakin dingin pula urin dan kandung kemih pun akan sulit menahannya.

Padahal jika keseringan kencing, hal ini bisa menyebabkan tubuh kekurangan potasium dan sodium. Jika sudah terlanjur kejadian, cara menyiasatinya bisa dengan menambahkan garam pada air yang kamu minum agar memenuhi lagi berbagai elektrolit yang hilang setelah olahraga.

 

3 dari 4 halaman

Hyponatermia

Ilustrasi Wanita Olahraga Tanpa Bra © Diadona

Bisa disimpulkan, bahwa minum air es bukannya menghilangkan dahaga setelah olahraga, justru malah bikin semakin dahaga. Makanya, banyak orang yang habis olahraga nggak cukup minum air es satu botol. Bisa berbotol-botol malah.

Padahal, hal seperti ini bisa menyebabkan hyponatermia. Hyponatermia bisa terjadi karena kekurangan sodium, elektrolit yang mengatur kadar air tubuh. Jika sudah demikian, sel-sel dalam tubuh bisa terjadi pembekakan. Paling parah, bisa menyebabkan kematian~

 

Beri Komentar