Selalu Merasa Takut Mengambil Keputusan, Hati-hati Bisa Jadi Decidophobia!

Reporter : Mila
Rabu, 27 April 2022 07:57
Selalu Merasa Takut Mengambil Keputusan, Hati-hati Bisa Jadi Decidophobia!
Jangan diabaikan!

Setiap manusia pasti pernah dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya untuk mengambil keputusan. Saat dihadapkan dengan kondisi pelik, wajar kalau seseorang menjadi ragu dan khawatir akan salah mengambil keputusan.

Tapi, ada juga orang yang punya kadar kecemasan dan ketakutan sangat tinggi sehingga selalu takut untuk memutuskan sesuatu. Ketakutan berlebihan untuk membuat keputusan bahkan untuk hal yang sederhana ini disebut sebagai decidophobia.

1 dari 6 halaman

Mengenal Decidophobia

Decidophobia © Diadona

Menurut Aimee Daramus, PsyD, psikolog klinis berlisensi dan penulis buku ‘Understanding Bipolar Disorder’, decidophobia diartikan sebagai ketakutan yang besar dan intens akan salah dalam mengambil keputusan, termasuk keputusan sederhana dalam keseharian.

Decidophobia digolongkan sebagai phobia kecemasan dan didefinisikan sebagai ketakutan ekstrem dan irasional terhadap obyek atau situasi tertentu yang sebenarnya tidak selalu berbahaya.

2 dari 6 halaman

Gejala Decidophobia

Orang dengan decidophobia biasanya menunjukkan gejala seperti:

  • Tidak percaya diri. Hal ini dikarenakan penderita decidophobia sulit mempercayai insting atau nalurinya sendiri dan lebih memilih mengumpulkan opini-opini orang lain yang semakin membuat kebingungan.
  • Mempunyai masalah ketegangan hubungan dengan orang dekat. Orang-orang terdekat merasa tertekan karena harus selalu membuat keputusan sendiri untuk penderita tanpa tahu apa yang diinginkan oleh pengidap decidophobia.
  • Tergantung kepada orang lain. Hal ini disebabkan karena penderita decidophobia selalu ingin menyerahkan keputusan kepada orang lain. Efek buruknya, kalau bertemu dengan orang yang otoriter atau orang yang suka memanfaatkan orang lain, maka penderita decidophobia akan menjadi korbannya.
  • Membesar-besarkan masalah. Penderita decidophobia hampir selalu menganggap besar semua problem yang datang. Oleh karena itu, ia menjadi takut dan cemas mengambil keputusan apapun.

3 dari 6 halaman

Penyebab Decidophobia

Decidophobia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

- Perilaku dan kebiasaan,

- pengalaman masa lalu, dan

- faktor genetik.

4 dari 6 halaman

Diagnosa Decidophobia

Diagnosa decidophobia bisa dilakukan oleh para ahlinya seperti terapis atau psikiater. Mareka akan melakukan pendalaman dengan melakukan wawancara seputar gejala yang dialami, sejarah keluarga dan rekam medis.

Untuk memperoleh hasil diagnosa yang akurat, tentu saja dibutuhkan kerjasama yang baik dari pasien untuk memberikan keterangan yang jujur dan terbuka.

5 dari 6 halaman

Penanganan Decidophobia

Seseorang yang sudah didiagnosa decidophobia, ada beberapa cara perawatan atau penanganannya:

  • Terapi perilaku kognitif, untuk membantu mengenali dan memahami ketakutan dan kecemasan yang tidak rasional serta perilaku berbahaya akibat phobia yang dialami.

    Terapi ini membantu penderita untuk mengembangkan kebiasaan yang lebih sehat dan pola pikir yang lebih baik untuk mengatasi phobia

  • Terapi eksposur, dilakukan dengan memberikan tantangan sehubungan dengan phobia yang dialami mulai dari level rendah berlanjut ke level yang lebih tinggi.

    Ahli terapi akan membantu penderita agar tenang saat menghadapi tantangan dan memberikan reward saat penderita berhasil mengatasi ketakutan dalam tiap level untuk memotivasi.

Beri Komentar