Ini 4 Khasiat Kolang-Kaling, Sering Jadi Bahan Menu Berbuka loh!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 25 April 2022 07:27
Ini 4 Khasiat Kolang-Kaling, Sering Jadi Bahan Menu Berbuka loh!
Siapa nih yang suka banget buat kolang-kaling jadi makanan segat dan nikmat~

Siapa nih yang hampir setiap hari ketemu dengan kolang-kaling? Ya, kolang-kaling memang sering banget jadi salah satu bahan untuk menu berbuka. Bisa jadi es buah, bahkan juga manisan. Kolang-kaling ini banyak yang suka sebab kenyal, lembut dan manis juga. Nyegerin gitu, deh!

Namun kalian tahu nggak sih, ternyata merangkum dari Hello Sehat, kolang-kaling punya 4 khasiat yang perlu diketahui loh!

1 dari 6 halaman

Lancarkan Sistem Pencernaan

Ilustrasi Kolang-Kaling © Diadona

Di dalam 100 gram kolang-kalin,g terdapat 1,6 gram serat kasar, yang tidak bisa larut dalam cairan. Jenis serat inilah yang bisa memperlancar pergerakan sistem pencernaan dan peningkatan massa feses. Apalagi yang sedang selmbelit atau konstipasi, bermanfaat banget nih!

 

2 dari 6 halaman

Cegah Penuaan Dini

Kolang-kaling mengandung kandungan galactomannan, jenis gula polisakarida yang punya khasiat antipenuaan. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Pharmacognosy.

Penelitian tersebut mengungkapkab bahwa galactomannan menghambat 50 persen tirosinase, senyawa yang terkait dengan sintesis melanin yang memberikan pigmen warna kulit. Galactomannan juga diketahi mampu menangkal radikal bebas akibat penuaan dini.

 

3 dari 6 halaman

Cegah Dehidrasi

Ilustrasi Kolang Kaling © Diadona

Asal kalian tahu, kolang-kaling mengandung kandungan air yang cukup tingg. Selain itu, vitamin dan berbagai mineralnya juga mampu untuk menghidrasi tubuh. Jadi, kolang-kaling pun cukup mampu untuk mencegah dehidrasi, bukan?

 

4 dari 6 halaman

Cegah Pengeroposan Tulang

Terutapa pada wanita pasca menopause yang mengalami hormon estrogen secara drastis, kolang-kaling mengandung kalsium dan fosfor yang cukup baik sehingga mampu untuk menfcegah penurunan kepadatan tulang. Kabar tersebut pun didukung oleh peneltilian yang diterbitkan di jurnal IIOAB.

5 dari 6 halaman

Wah, ternyata kolang-kaling sangat berkhasiat ya untuk tubuh? Namun ingat, jangan olah kolang-kailng secara asal dan berlebihan, terutama jika dibikin jadi manisan atau sup buah yang terlalu manis.

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar