Sederet Mitos dan Fakta Scaling, Benarkah Bisa Putihkan Gigi?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 6 Oktober 2021 17:03
Sederet Mitos dan Fakta Scaling, Benarkah Bisa Putihkan Gigi?
Ada juga yang menyebut scaling bisa menyebabkan gigi lebih sensitif, beneran nggak sih?

Tahukah kamu apa itu scaling gigi? Ya, ini adalah salah satu prosedur perawatan gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi yang membandel pada gigi. Sederhananya, scaling adalah pembersihan gigi.

Sayangnya, ada beberapa mitos tentang pembersihan gigi yang membuat orang enggan melakukannya secara rutin. Misalnya scaling bisa bikin gigi goyang, bisa menciptakan celah di antara gigi, dan lain sebagainya.

Nah, biar kamu punya pemahaman yang baik, yuk, ketahui mitos dan fakta seputar scaling gigi! Mengetahuinya dapat membantu kamu membuat keputusan bijak tentang perawatan kebersihan mulut.

1 dari 5 halaman

Bisa Ssebabkan Gigi Goyang

Ilustrasi Periksa GigiIlustrasi Periksa Gigi © Shutterstock.com

Faktanya, prosedur scaling justru dapat membuat cengkeraman gigi terhadap gusi dan tulang di sekitarnya menjadi lebih kuat.

Pada beberapa kasus, di mana tulang dan struktur penyangga gigi surut atau rusak, blok-blok deposit karang gigi dapat menjadi satu-satunya blok yang menjaga gigi pada tempatnya. Ketika karang gigi dibersihkan, gigi kehilangan penyangganya sehingga jadi bergerak atau goyang. Akan tetapi, ini bukanlah akibat dari scaling, melainkan karena kerusakan yang terjadi sebelumnya.

2 dari 5 halaman

Gigi Jadi Sensitif

Ilustrasi Periksa GigiIlustrasi Periksa Gigi © Shutterstock.com

Scaling adalah prosedur pembersihan gigi menggunakan alat bernama scaler yang menggunakan getaran mekanis dari ujung tumpul dengan irigasi terus-menerus. Ini membersihkan karang yang mengeras pada gigi, dan sama sekali tidak memengaruhi email gigi atau jaringan gusi.

Ketika karang gigi dibersihkan, ini akan menyebabkan bagian gigi yang sebelumnya tertutup oleh karang gigi terpapar lingkungan dan membuatnya peka. Sama seperti ketika kita membuka jaket saat suhu dingin, yang bisa membuat kita kedinginan.

3 dari 5 halaman

Menciptakan Celah Pada Gigi

Ilustrasi Periksa GigiIlustrasi Periksa Gigi © Shutterstock.com

Pada dasarnya prosedur scaling gigi tidak menciptakan celah atau ruang di antara gigi, tetapi hanya mengangkat karang gigi. Celah atau ruang yang terlihat adalah karena celah itu sudah ada sebelumnya dan tertutup oleh karang gigi. Jadi, setelah gigi terbebas dari karang, celah ini akan kembali terlihat.

4 dari 5 halaman

Memutihka Gigi

Ilustrasi Gigi BersihIlustrasi Gigi Bersih © Shutterstock.com

Karang gigi yang mengendap pada gigi dapat berwarna kekuningan atau lebih gelap. Ini dipengaruhi beberapa faktor, seperti konsumsi makanan atau kebiasaan merokok. Proses scaling hanya menghilangkan deposit karang gigi yang menempel kuat pada gigi.

Saat deposit karang gigi yang berwarna kekuningan atau kecokelatan dibersihkan, ini mungkin membuat gigi terlihat lebih cerah, tetapi tidak meningkatkan atau memutihkan warnanya. Hasil akhir gigi adalah sama dengan warna alami gigi sebelumnya. Scaling hanya mengangkat deposit pada gigi, bukan memutihkan gigi.

Beri Komentar