Banyak Minum Air Putih Bikin Keringat Berlebih, Benar Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 6 Oktober 2021 13:27
Banyak Minum Air Putih Bikin Keringat Berlebih, Benar Gak Sih?
Habis masuk ke tubuh, keluar dalam bentuk keringat...

Selama ini, kita tahu bahkan untuk menjaga kesehatan tubuh perlu untuk minum air putih yang cukup. Sebab jika tidak, katanya tubuh akan mengalami dehidrasi. Namun di samping itu, tubuh kita pasti berkeringat. Ada yang bilang bahwa semakin banyak minum air putih, semakin banyak keringat yang dikeluarkan

Benar demikian atau nggak, sih?

1 dari 4 halaman

ilustrasi wanita minum air putih © Diadona

Ternyata, melansir dari Huffingtonpost via Liputan6.com, untuk sebagian orang memang benar minum air putih yang banyak bisa berdampak berbeda pada tubuh. Dampaknya justru buruk, menurut Profesor Mark Whiteley, konsultan ahli bedah vaskular di The Whiteley Clinic, London.

 

2 dari 4 halaman

British Medical Journal dari Dr. Margaret McCartney juga melaporkan bahwa minum air putih yang banyak juga bisa menyebabkan kadar natrium rendah dari batas normal. Kondisi tersebut disebut sebagai hiponatremia, gangguan elektrolit tubuh ketika terlalu banyak kandungan air. sehingga natrium dalam tubuh pun larut dalam darah.

Oleh karena itu, Dr. Margaret McCartney dan Whiteley memberikan masukan agar minum air putih ketika measa haus saja. Sebab banyak minum air putih juga bisa menyebabkan keringat berlebih, atau akrab di sebut hiperhidrosis dalam istilah medis.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Keringat © Diadona

Whiteley berpendapat bahwa minum air yang berlebihan, sampai 2 liter perhari misalnya, bisa membebani kerja ginjal, serta akan keluar keringat berlebihan bagi mereka yang menderita hiperhidrosis.

" Ginjal haru bekerja ekstra keras untuk menyingkirkan beban cairan ini. Dan kemudian air akan keluar secara berlebihan bagi mereka yang menderita hiperhidrosis."

 

Beri Komentar