Keramas Malam Hari Menjelang Tidur Bikin Rambut Rusak, Benarkah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 4 Oktober 2021 17:03
Keramas Malam Hari Menjelang Tidur Bikin Rambut Rusak, Benarkah?
Begini lho faktanya.

Setelah beraktivitas seharian, tidak heran apabila kamu ingin keramas untuk membersihkan rambut yang kotor karena debu atau keringat. Tetapi lebih baik dipikirkan kembali apabila ingin keramas di malam hari. Bukan karena waktunya, tetapi kegiatan setelah keramas.

Berdasarkan Times of India, berikut tiga alasan keramas di malam hari menjelang tidur justru tidak sehat.

1 dari 5 halaman

Timbulkan Sakit Kepala

Ilustrasi Sakit Kepala Sebelah © Diadona

Ketika keramas di malam hari, ada kemungkinan kamu akan tidur dalam kondisi rambut basah. Membiarkan rambut basah saat tidur ternyata bisa membuat kamu sakit, serta rambut akan menjadi kusut dari biasanya. Ini terjadi karena kutikula rambut tetap terbuka setelah dicuci.

Terbukanya kutikula rambut juga alasan mengapa kita sebaiknya tidak menyisir rambut dalam keadaan basah karena dapat menyebabkan kerontokan.

2 dari 5 halaman

Ujung bercabang

Ilustrasi rambut bercabang © Diadona

Mungkin inilah jawaban kenapa rambut kamu selama ini bercabang. Ya, ternyata tidur dengan rambut basah bisa membuat rambut bercabang. Ini karena gesekan yang terjadi antara rambut dengan bantal sehingga menyebabkan kerusakan.

3 dari 5 halaman

Rambut Kusut

Ilustrasi Rambut Kusut © Diadona

Saat bangun di pagi hari, rambut akan terasa lebih kusut karena dibiarkan mengering selama tertidur. Terlebih saat tertidur kita sering bergerak yang membuat rambut semakin menggumpal dan berakhir lebih kusut dari biasanya.

Sebenarnya keramas di malam hari aman-aman saja asalkan saat tidur kondisi rambut sudah kering. Supaya tidak kusut, gunakan kondisioner setelah keramas.

4 dari 5 halaman

Pertumbuhan Jamur

Bantal adalah tempat yang ideal bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak. Harap diingat, di sinilah lokasi kulit mati kamu berkumpul dan menjadi makanan terbaik untuk mereka. Bila kesemua ini kamu tambahkan dengan lingkungan basah yang bersumber dari rambut, sama saja kamu menyuburkan perkembangan jamur dan bakteri.

Sebenarnya keramas di malam hari aman-aman saja asalkan saat tidur kondisi rambut sudah kering. Supaya tidak kusut, gunakan kondisioner setelah keramas.

Beri Komentar