Sebelum Punya Anak, Ketahui 9 Makanan yang Bisa Buat ASI Kamu Berkualitas

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 5 Februari 2020 15:03
Sebelum Punya Anak, Ketahui 9 Makanan yang Bisa Buat ASI Kamu Berkualitas
Demi sang buah hati nantinya, ASI merupakan sumber makanan pertama yang harus kamu persiapkan dengan baik.

Ya, kita semua tahu kalau Air Susu Ibu alias ASI penting banget buat si bayi. Mulai dari mencegah terserangnya penyakit, sampai bagusnya untuk perkembangan dan pertumbungan tubuh si bayi.

Namun, nggak sedikit wanita yang mengalami beberapa masalah dengan ASI-nya. Entah itu mampet, nggak lancar, bahkan hanya keluar sedikit.

Nah, salah satu faktor yang dapat mengatasi permasalah ASi adalah makanan. Sebelum kamu mempunyai anak, kamu sebaiknya sering-sering mengkonsumsi makanan di bawah ini biar ASI-mu berkualitas, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

 

1 dari 10 halaman

1. Fenugreek

ilustrasi fenugreek © Diadona

Makanan ini merupakan jenis yang sangat berpengaruh untuk ASI. Sebuah penelitian yang dilansir dari menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi teh fenugreek tiga kali dalam sehari bisa menghasilkan ASI yang signifikan dibandingkan mereka yang nggak.

Hal ini dikarenakan fenugreek mengandung senyawa seperti estrogen, yang dianggap dapat meningkatkan aliran ASI. Kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk kapsul, lho!

2 dari 10 halaman

2. Oatmeal

Oatmeal © Diadona

Merupakan biji-bijian bergizi yang sangat bagus untuk ASI. Oatmeal mengandung sumber zat besi yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Dengan sel darah merah yang meningkat, produksi ASI pun ikut meningkat.

3 dari 10 halaman

3. Biji Adas

ilustrasi biji adas © Diadona

Biji adas merupakan biji-bijian yang berasal dari sebuah tanaman di Mediterania. Kandungan estrogen tanaman yang di dalam makanan tersebut dapat membantu memproduksi ASI lebih banyak lagi.

4 dari 10 halaman

4. Bawang Putih

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

Selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan, bawang putih juga berkontribusi dalam peningkatan produksi ASI. Kalau kamu nggak suka makan bawang putih secara langsung, dikatakan terdapat pil bawang putih yang nggak ada salah kamu coba.

5 dari 10 halaman

5. Sayuran Hijau Gelap

Ilustrasi Sayuran Hijau © Diadona

Kandungan kalsium yang terdapat pada sayuran hijau yang gelap seperti selada, kangkung, brokoli, dan bayam sangat bermanfaat untuk produksi ASI. Sayur-sayuran tersebut juga mengandung fitoestrogen yang punya dampak positif nutuk ASI.

6 dari 10 halaman

6. Almond

Ilustrasi Almond © Diadona

Kacang-kacangan, terutama kacang Almond ternyata sangat sehat dan penuh akan protein dan kalsium.

Makanya, nggak sedikit ibu-ibu hamil yang milih ngemil Almond karena kacang tersebut sangat baik untuk produksi ASI.

7 dari 10 halaman

7. Pepaya Hijau

Ilustrasi pepaya hijau belum matang © Diadona

Pepaya yang belum matang (berwarna hijau) dipercaya dapat meningkatkan produksi oksitosin. Nantinya, produksi tersebut juga akan berpengaruh baik pada produksi susu.

8 dari 10 halaman

8. Wortel

Wortel © Diadona

Selain dipercaya baik untuk kesehatan mata sang anak, wortel juga dipercaya bagus untuk membantu wanita menyusui. Ditambah lagi, vitamin A pada wortel juga bagus untuk pertumbuhan si Bayi.

9 dari 10 halaman

9. Salmon

Ilustrasi Salmon © Diadona

Docosahexanoic acid atau DHA dan Omega-3 pada ikan salmon memang sangat baik untuk kesehatan, termasuk juga untuk ASI yang bergizi untuk kesehatan bayi.

10 dari 10 halaman

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan makanan apa saja yang bisa memperbaiki ASI-mu demi si buah hati?

Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar