Mendengarkan Musik Klasik saat Hamil Bisa Buat Bayi Lebih Cerdas, Mitos atau Fakta?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 21 Oktober 2020 06:30
Mendengarkan Musik Klasik saat Hamil Bisa Buat Bayi Lebih Cerdas, Mitos atau Fakta?
Bener nggak ya?

Memiliki anak yang cerdas tentu jadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Karena itu, tak sedikit orang tua yang melakukan berbagai macam usaha agar mendorong anaknya agar menjadi anak yang pintar.

Berbicara soal anak dan pintar, tentu Moms sudah nggak asing lagi ya dengan rumor atau mitos yang mengatakan mendengarkan musik klasik saat hamil bisa membuat bayi lebih cerdas. Tapi sebenarnya, hal ini benar nggak ya? Langsung saja yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Mitos atau Fakta?

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Melansir dari Baby Center, sayangnya mitos ini belum terbukti secara ilmiah Moms. Memang, sebelumnya ada penelitian mengenai musik bisa membuat anak lebih pintar matematika. Tapi sayangnya penelitian itu hanya berfokus pada anak yang lebih tua bukannya janin.

Selain itu, ada juga Moms yang megatakan bahwa bayi yang baru lahir bisa mengenali musik yang dimainkan oleh orang tua mereka saat sang bayi masih dalam kandungan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Mendengarkan Musik saat Hamil

Tapi, nyatanya hal ini dibantah oleh seorang psikolog yang mempelajari perkembangan janin di Johns Hopkins University, Janet DiPietro. DiPietro mengatakan bahwa hal itu nggak didasarkan pada penelitian yang sebenarnya.

Meski belum terbukti membuat bayi lebih pintar, mendengarkan musik saat hamil memiliki manfaat lainnya lho Moms baik bagi ibu maupun janin. Diantaranya bisa merangsang indra pendengaran bayi, meredakan stres ibu, dan jenis musik tertentu dipercaya bisa membantu mendorong perkembangan kepribadian calon buah hati.

3 dari 5 halaman

Gimana sih Cara yang Benar Mendengarkan Musik Bagi Janin?

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Ternyata, memasangkan headphone pada perut bukan ide yang bagus lho Moms untuk memainkan musik pada janin. Hal ini karena suara musik jadi sangat dekat dan bisa merangsang bayi secara berlebihan.

" Orang (Ibu hamil) cenderung menaikkan suara (musik) karena mereka pikir perlu (suara yang) keras untuk menembus perut. Tapi cairan ketuban sebenarnya adalah konduktor suara yang baik," terang DiPietro.

4 dari 5 halaman

Cara Ideal Mendengarkan Musik saat Hamil

Karena itu, sebenarnya pilihan terbaik untuk memutar musik bagi si kecil yakni melalui stereo. Soal musiknya sendiri, para ahli mengatakan bahwa lagu-lagu sederhana sangat ideal untuk dimainkan selama kehamilan. Tapi selama Moms menyukai musik tertentu dan menikmatinya, hal itu juga sama cocoknya dimainkan bagi bayi yang belum lahir.

Satu nasihat dari ahli, " Mainkan musik karena Moms menikmatinya, bukan karena mencoba membuat janin lebih pintar."

5 dari 5 halaman

Bagus Bagi Ibu dan Janin

Memang, musik sendiri bisa membantu Moms untuk rileks bahkan bersemangat. Saat Moms bebas stres dan rileks, hal ini juga bagus bagi perkembangan janin dalam kandungan.

" Saat seorang wanita rileks, itu baik untuk janin dan itu adalah efek tidak langsung dari musik pada janin," imbuh DiPietro.

Jadi, bisa dibilang masih mitos ya Moms mendengarkan musik bisa membuat calon buah hati lebih pintar. Semoga menjawab rasa penasaran Moms ya.

Beri Komentar