Penyebab Susah Buang Air Besar pada Balita dan Bayi, Wajib Tahu nih Moms!

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 10 Juli 2020 14:20
Penyebab Susah Buang Air Besar pada Balita dan Bayi, Wajib Tahu nih Moms!
Penyebab Susah Buang Air pada si kecil bisa karena kondisi medis tertentu loh!

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab susah buang air besar pada balita maupun bayi. Mommies perlu banget banget tahu agar tidak salah dalam menghadapi jika si kecil saat mengalaminya. Mulai dari apa yang dimakan sampai kondisi medis tertentu.

Hakikatnya, masalah susah buang air besar merupakan hal umum yang terjadi pada setiap orang, baik anak-anak bahkan bayi. Susah BAB ini ditandai dengan susahnya mengeluarkan feses atau bahkan kadang sampai kesakitan.

Saat kotoran atau tinja bergerak terlalu lama melalui saluran pencernaan, maka membuatnya semakin keras dan kering. Sehingga akan susah dikeluarkan. Hal ini membuat si kecil jadi jarang BAB.

1 dari 7 halaman

Penyebab Susah Buang Air Besar pada Balita

Penyebab Susah Buang Air Besar pada Balita © Diadona
Ada macam-macam penyebab susah buang air besar pada balita. Biasanya bersifat sementara, namun ada juga yang merupakan tanda kondisi medis tertentu.

Biasanya gejala yang muncul saat susah buang air besar adalah sakit perut, mengejan dengan kuat, tinja keras dan kering, BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu, adanya bercak atau noda kecil tinja di celana dalam anak sampai adanya darah di permukaan kotoran yang keras.

Berikut ini beberapa penyebab susah buang air besar pada balita yang perlu diketahui:

Kurang Serat


Tahukah moms, serat bisa membantu mendorong pergerakan usus untuk memudahkan anak BAB. Namun, jika kekurangan serat bisa jadi penyebab susah buang air besar pada balita. Serat bisa didapat dari buah, sayuran dan biji-bijian.

2 dari 7 halaman

Kurang Cairan

30 Manfaat Minum Banyak Air Putih Hangat © Diadona
Nggak hanya butuh serat, tapi juga air dibutuhkan untuk serat memperlancar pencernaan. Oleh sebab itu, serat dan cairan penting untuk lancarnya pencernaan. Selain membuat susah BAB, kurang cairan juga bisa sebabkan anak dehidrasi loh moms!

Kebiasaan Menahan BAB


Memiliki kebiasaan menahan BAB juga bisa menjadi penyebab susah buang air besar pada balita moms. Biasanya hal ini dilakukan saat anak nggak mau istirahat dari bermain atau takut pergi ke toilet.

Ada juga beberapa anak lainnya karena nggak mau menggunakan toilet umum sehingga ditahan. Sakit menahan BAB ini bisa membuat tinja jadi keras.

3 dari 7 halaman

Toilet Training

ilustrasi ibu dan anak © Diadona
Memulai toilet training pada anak yang terlalu dini juga bisa membuatnya memberontak dan memilih menahan BAB. Sehingga ia jadi mengabaikan rasa ingin BAB-nya dan menjadi kebiasaan. Hal ini bisa membuat anak mengalami sembelit.

Alergi Susu Sapi


Terlalu banyak mengonsumsi produk susu atau alergi terhadap susu sapi juga bisa menjadi penyebab susah buang air besar pada balita. Biasanya alergi juga disertai gejala lain, seperti muncul ruam, mual bahkan muntah.

4 dari 7 halaman

Riwayat Keluarga

Anak Menangis © Diadona
Kalau ada riwayat anggota keluarga mengalami susah BAB, maka kemungkinan si anak juga mengalaminya. Hal ini dikarenakan faktor genetik atau lingkungan karena tinggal bersama.

Perubahan Rutinitas


Adanya perubahan dalam rutinitas anak juga bisa menjadi penyebab susah buang besar. Misalnya saja melakukan perjalanan yang jauh, stres atau karena terkena udara yang panas. Biasanya, anak juga mengalami susah BAB saat mulai bersekolah.

5 dari 7 halaman

Kondisi Medis Tertentu

Ilustrasi Obat © Diadona
Susah BAB atau sembelit juga bisa karena dipengaruhi kondisi medis tertentu. Misalnya mengidap hipotiroidisme atau keadaan di mana kelenjar tiroid kurang aktif, masalah metabolisme atau masalah pada sistem pencernaan. Namun, hal ini jarang dialami anak-anak kok, moms!

Pengaruh Obat-Obatan


Ada beberapa jenis obat yang bisa menjadi penyebab susah buang air besar pada balita. Misalnya seperti obat-obatan penghilang rasa sakit, obat antidepresan dan antasida.

6 dari 7 halaman

Penyebab Anak Bayi Susah Buang Air Besar

Penyebab Susah Buang Air Besar pada Bayi © Diadona
Kalau itu tadi pada balita, berikut ini beberapa penyebab anak bayi susah buang air besar:

Dehidrasi


Sama seperti balita, bayi juga bisa mengalami dehidrasi. Hal ini pun bisa menjadi penyebab susah buang air besar pada bayi. hal ini biasanya terjadi saat bayi sariawan, demam atau saat giginya mulai tumbuh. Tandanya dimulai dari bayo yang gak mau minum susu.

Susu Formula


Susu formula yang lebih sering dikonsumsi bayi lebih rentan menyebabkan susah buang air besar. Hal ini berhubungan dengan kandungan protein yang ada dalam susu formula.

Kalau bayi mengalami susah buang air besar karena susu formula, jangan ragu bawa ke dokter ya moms! Sebab, bisa jadi jenis tertentu susu formula penyebabnya.

7 dari 7 halaman

Makanan Padat

Ilustrasi Makanan Bayi 7 Bulan © Diadona
Beralih ke makanan padat membuat pencernaan bayi kaget sehingga ia mengalami susah buang air besar. Wajar kok moms, soalnya sebelumnya ia terbiasa mengonsumsi makanan cair. Upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir susah BAB, berikan makanan kaya serat pada bayi.

Kondisi Medis Tertentu


Ada beberapa kondisi medis tertentu yang bisa menjadi penyebab susah BAB pada bayi. Misalnya bayi mengalam hipotiroid, alergi terhadap makananan atau adanya gangguan saluran pencernaan dari lahir.

Itulah penyebab susah buang air besar yang bisa terjadi pada bayi maupun balita dan Mommies perlu tahu.

Beri Komentar