9 Penyebab Usus Buntu, Mulai dari Makanan dan Kebiasaan Sepele pada Anak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 8 Juli 2020 12:37
9 Penyebab Usus Buntu, Mulai dari Makanan dan Kebiasaan Sepele pada Anak
penyebab usus buntu sih katanya bisa karena biji buah yang nggak tercerna. Apakah iya?

Penyebab usus buntu sebenarnya masih belum diketahui. Namun yang pasti, ada peradangan dalam usus buntu ini yang pada akhirnya membuat rasa sakit bagi penderitanya. Dan satu-satunya pengobatan yang bisa dilakukan yakni dengan operasi pembedahan.

Usus buntu yang ada di dalam tubuh ternyata adalah rumah bagi bakteri baik. Fakta ini baru diketahui setelah sekian usu buntu ini dianggap sebagai organ tanpa tujuan.

Ternyata, usus buntu berperan untuk mendorong dan melindungi pertumbuhan bakteri baik pada sistem pencernaan.

Secara umum, penyebab usus buntuk yakni karena adanya penyumbatan di lokasi tersebut. Akibatnya, bakteri berkembang biark Hal inilah yang dapat menyebabkan pembentukan nanah dan pembengkakan, menekan perut dan menyebabkan rasa sakit.

Melansir Health Direct, penyebab usus buntu secara pasti masih belum diketahui. Tapi kemungkinan karena adanya makanan atau kotoran yang terperangkap di usus buntu ini. Lalu bakteri bakalan berkembang dengan cepat sehingga usus buntu jadi meradang, bengkak, dan penuh dengan nanah. Kalau nggak diobati, usus buntu bisa pecah.

1 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Usus Buntu

Penyebab Usus Buntu © Diadona

Kamu inget nggak sih kalau ada informasi yang bilang bahwa biji buah-buahan yang nggak tercerna akanjadi penyebab usus buntu? Dan ternyata itu benar lho.

Sebuah penelitian di tahun 2011 melibatkan materi yang ditemukan dari hasil pembedahan usus buntu membuktikan kalau terdapat sisa tanaman yang nggak tercerna dan biji buah. Meskipun jumlahnya sangat kecil dibanding keseluruhan kasus penyebab usus buntu.

Tapi ini nggak selalu kok, karena sebanyak 95 persen makanan yang nggak tercerna bisa melewati sistem pencernaan tanpa menimbulkan masalah. Hanya saja kadang memang bisa menyebabkan masalah seperti radang usus buntu.

2 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Usus Buntu

 

Penyebab Usus Buntu © Diadona

Kayak yang udah Diadona bagi di awal nih, kalau penyebab usus buntu mungkin karena 'terhambat'nya si usus buntu ini. Melansir Healthline, ada beberapa kemungkinan mengapa bisa terjadi pemblokiran, antara lain:

Penumpukan Kotoran yang Mengeras

Selama proses pencernaan, limbah kotoran bakalan mengalir ke usus besar trus keluar lewat dubur. Tapi kadang ada yang salah dengan proses inim di mana limbah jadi tersangkut ke usus besar.

Akibatnya, tinja jadi kering dan nggak bsa dikeluarkan dari tubuh. Kotoran ini baklaan memblokir jalan limbah baru, sehingga dia bakalan putar balik, dan berpotensi menjadi penyebab usu buntu.

Cacing Usus

Usus kecil bisa mengalami infeksi oleh cacing gelang dan merupakan hal yang umum terjadi. Tapi kalau infeksi dan jumlahnya tinggi, cacing gelang juga bisa ditemukan di usus buntu yang normal, tapi juga bisa dikaitkan dengan penyebab usus buntu.

Cedera Traumatis

Melansir sebuah jurnal, sebenarnya cedera trauma sudah lama banget diketahui sebagai penyebab usu buntu. Sayangnya, beberapa sumber saat ini menghlangkan poin tersebut.

Ini karena kasus usu buntu akut yang disebbakn karena traume abdomen jarang terjadi, tapi dilaporkan secara sporadis dalam literatur.

Benda Asing yang Masuk ke Dalam Tubuh

Dalam sebuah penelitian dilaporkan bahwa ada beberapa objek asing yang jadi penyebab usus buntu. Yang oernah terdaftar nih misalnya jarum, logam, partikel yang tertelan oleh hewan yang kemudian dimakan manusia, dan masih banyak lainnya.

3 dari 4 halaman

Penyebab Radang Usus Buntu dari Kebiasaan Sepele

Gejala Tipes, Difteri, Usus Buntu dan Kanker Serviks © Diadona

Melansir Halodoc, ada beberapa kebiasaan sepele yang mungkin sering kita lakukan sehari-hari dan tanpa sadar bisa sebagai penyebab usus buntu. Berikut diantaranya:

Suka Mengkonsumsi Makanan yang Dibakar

Makanan yang dibakar emang enak, terlebih sering dianggap punya manfaat kesehatan karena bisa tidak mengandung minyak seperti makanan yang digoreng.

Faktanya, makanan yang dibakar mengandung zat karsinogenik penyebab kanker dan penyebab ususu buntu.

Suka Makan Gorengan

Makanan yang dibakar bisa jadi penyebab usus buntu. Sedihnya, makanan yang digoreng juga, lho. alternatifnya, coba dengan memperbanyak makanan yang dikukus atau direbus.

Konsumsi Daging Kalengan

Memang sih ini adalah pilihan yang praktis dan enak, tapi coba deh kurangin makan daging kalengan. Kenapa? Karena mengandung xat karsinogenik, salah satu penyebab radang usus buntu.

Sering Menahan Kentut

Yup, kentut itu tentu baik buat kesehatan, makanya jangan ditahan ya! Ini juga bisa jadi penyebab usus buntu lho.

Gas yang berada dalam saluran pencernaan jadi tertahan, trus membaut dinding usus jadi tipis sehingga risiko peradangan suus jadi lebih tinggi. Jadi jangan ditahan lagi ya!

Makan Sembarang

Makan sembarangan nggak cuman bikin diare tapi sangat mungkin jadi penyebab usus buntu. Radang usus buntu bisa terjaid karena adanya infeksi bakteri, contohnya nih samnonella atau E.coli yang suka banget ada di makanan yang tidak bersih.

4 dari 4 halaman

Penyebab Usus Buntu pada Anak

Penyebab Usus Buntu © Diadona

Penyebab usus buntu pada anak secara garis besar nggak jauh berbeda dengan yang terjadi pada orang dewasa. Meski begitu, kadang gejalanya bisa saja berbeda.

Seirirng dengan gejala sakit perut yang muncul, mereka juga mungkin mengalami demam dan gejala yang disebut dnegan nyeri tekan, yaitu rasa sakit yang timbil setelah perut bagian bawah ditekan lalu dilepaskan.

Anak-anak juga mungkin bakalan mengalami kenaikan sel darah putih yang menandakan terjadinya infeksi.

Untuk bayi yang berusia kurang dati dua tahu, radang usus buntu bisa menyebabkan muntah, pembengkakan di perut dan juga demam.

Penyebab usus buntu memang nggak diketahui pasti yang jadi membuatnya susah dihindari. Tapi yang pasti, dengan mengenali gejala yang muncul bisa membuat penderita segera meminta pertolongan medis.

Beri Komentar