Selalu Buang Air Besar di Jam yang Sama Setiap Pagi. Kok Bisa?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 28 Desember 2019 13:37
Selalu Buang Air Besar di Jam yang Sama Setiap Pagi. Kok Bisa?
Selama ini mungkin kamu tidak menyadari kalau rasa ingin buang air besar cenderung muncul di jam yang sama.

Beberapa hal biasanya terjadi dalam waktu yang sama setiap pagi. Misalnya, matahari terbit, burung berkicau, tukang bubur lewat, dan perut kamu mulas tanda harus buang air besar. Buang air besar setiap hari menandakan kalau tubuh kamu bekerja dengan teratur, terlebih kalau di jam yang sama!

Menurut Kyle Staller, M.D, ahli gastroenterologi seperti yang diberitakan glamour.com (11/12), usus besar yang berfungsi mendorong kotoran keluar dari tubuh sebenarnya punya semacam jam kerja sendiri.

Saat tidur di malam hari, kebanyakan usus kita juga akan ikut diam. Makanya banyak orang yang nggak buang air besar di malam hari kan. Nah, baru deh usus kamu bakalan memberi respon di pagi harinya. Dengan kata lain, begitu kamu mulai bangun maka usus kamu juga ikutan bangun.

Di pagi hari, usus besar kamu bakalan berkontraksi dan mendorong kotoran lewat sepanjang usus dan siap dikeluarkan. Makanan yang masuk juga bisa lho memicu kontraksi. Saat makanan masuk, perut kamu bakalan ngasih tanda untuk memberi ruang kosong di usus. Makanya, nggak jarang kamu ngerasa mules setelah makan.

1 dari 1 halaman

Beberapa orang mungkin memang buang air besar di waktu yang sama di pagi hari, sementara beberapa yang lain di waktu yang sama di sore hari. Beberapa yang lain bisa juga ngerasa perlu buang air besar di sekitaran waktu tertentu selama selang beberapa hari.

Ini bukan karena tiba-tiba badan kamu memproduksi kotoran. Dari penjelasan Staller, bisa saja usus kamu memang sedang merasa ada di waktu yang tepat untuk mendorong kotoran keluar dari tubuh kamu.

Hal ini juga menjelaskan kenapa sih kamu cenderung jarang buang air besar saat bepergian, apalagi di daerah yang berbeda zona waktu dengan tempat tinggal kamu. Karena, tubuh kamu sudah terbiasa bangun di jam biologis tertentu. Saat ada beda waktu dengan biasanya, maka terjadi pergeseran jam kerja tubuh dan butuh beberapa hari untuk meyesuaikan kembali.

Wah, ternyata ada penjelasan ilmiahnya juga ya. Kalau kamu biasanya mulai merasa dapat panggilan alam di jam berapa, girls?

Beri Komentar