Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Kanan, Kamu Perlu Tahu nih!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 6 Juli 2020 21:15
Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Kanan, Kamu Perlu Tahu nih!
Hal-hal ini perlu kamu waspadai karena bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah!

Banyak yang bilang penyebab sakit kepala sebelah itu karena migrain. Padahal belum tentu loh! Bisa juga disebabkan faktor lainnya dan pastinya nggak bisa kamu sepelekan begitu saja gusy!

Penting nih untuk mengetahui apa saja penyebab sakit kepala sebelah agar bisa mengatasinya sejak dini. Meski gejala sakit kepala ini umum dialami banyak orang, tapi rasanya tentu mengganggu dan bikin nggak nyaman. Apalagi bisa merupakan tanda penyakit tertentu juga.

Penyebab sakit kepala sebelah bisa karena kebiasaan kamu sehari-hari, pengaruh lingkungan dan juga hormon. Kenali yuk, apa saja pemicunya dengan gejala yang berbeda.

1 dari 7 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Ilustrasi Wanita StresIlustrasi Wanita Stres © 2019 https://www.diadona.id/roberthalf.com
Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri. Berikut ini pemicunya:

Stres


Kamu mengalami hari yang berat? Ada masalah kerjaan atau dengan seseorang? Bisa jadi kalau kamu stres, baik secara emosional maupun fisik menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri.

Gaya Hidup


Selain stres, kebiasaan gaya hidup yang buruk juga bisa memicu rasa sakit kepala sebelah. Misalnya saja memiliki kebiasaan menunda jam makan, kurang tidur dan minum alkohol.

 

2 dari 7 halaman

Tekanan Darah Tinggi


Yap, nggak hanya dari kebiasaan burukmu, bisa juga karena penyakit tertentu, salah satunya darah tinggi. Menderita tekanan darah tinggi bisa memicu sensasi tegang di leher hingga sakit kepala.

Infeksi dan Alergi


Mengalami infeksi saluran pernapasan, seperti flu sering disertai demam dan sakit kepala. Nah, bentuk reaksi alergi bisa mengakibatkan penyempitan di saluran pernapasan dan rongga sinus yang membuat sakit kepala.

Stroke


Tahu nggak sih, mengalami sakit kepala yang parah secara mendadak bisa menjadi salah satu tanda stroke loh! Kamu perlu waspada nih, apalagi kalau disertai tubuh yang lemah.

3 dari 7 halaman

Trigeminal Neuralgia


Trigeminal neuralgia merupakan gangguan saraf yang terjadi pada saraf trigeminus. Saraf ini memiliki fungsi menghantarkan sensasi atau rangsangan dari area wajah menuju otak. Biasanya penderita akan mengalami rasa sakit kepala di salah satu sisi saja.

Tumor Otak


Salah satu penyebab sakit kepala sebelah juga bisa karena menderita tumor otak. Kondisi ini terjadi saat adanya pertumbuhan sel abnormal di otak yang menyebabkan rasa sakit di kepala secara mendadak dan berulang. Gejala lain yang muncul berupa kehilangan penglihatan, sulit berjalan dan kejang.

Gegar Otak


Selain menderita tumor otak, mengalami gegar otak juga menjadi penyebab sakit kepala sebelah. Gegar otak biasanya dikarenakan benturan atau pukulan yang keras hingga mengakibatkan cedera.

4 dari 7 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

Penyebab Migrain Sebelah KananPenyebab Migrain Sebelah Kanan © healthline
Nggak hanya sebelah kiri, ada beberapa hal yang juga bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan dan perlu kamu waspadai. Soalnya bisa jadi tanda adanya penyakit kronis.

Infeksi


Adanya infeksi memungkinkan menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan. Misalnya mengalami meningitis, peradangan atau gangguan dalam pembuluh darah di sekitar otak seperti stroke, tumor otak, cedera otak dan tekanan dalam rongga kepala yang meningkat atau menurun.

Gaya Hidup


Jika kamu mengalami gangguan tidur, obesitas atau kelebihan berat badan, cemas, depresi, terlalu banyak mengonmsi obat-obatan dan alkohol juga bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan loh! Untuk itu, dikurangi yuk!

5 dari 7 halaman

Migrain Kronis


Selain hal-hal di atas, orang yang memiliki riwayat migrain kronis juga bisa mengalami sakit di sebelah kanan. Adapu gejala yang bisa dikenali, antara lain:

- Rasa nyeri dan berdenyut yang semakin parah.

- Rasa nyeri hanya ada di satu atau dua sisi kepala.

- Bisa menyebabkan sensitivitas terhadap suara dan cahaya.

- Timbul rasa mual dan muntah.

- Rasa sakit semakin parah jika dibuat beraktivitas fisik.

6 dari 7 halaman

Sakit Kepala Cluster


Nyeri kepala di salah satu bagian saja yang tepatnya di area mata bisa disebut dengan sakit kepala cluster. Sakit kepala ini sering dihubungkan dengan aktivitas pada bagian otak, yaitu hipotalamus.

Pemicu sakit kepala ini bisa beragam. Mulai dari suhu panas, olaharga, konsumsi alkohol, merokok sampai aroma menyengat seperti parfum atau cat baru. Adapun gejala lain dari sakit kepala cluster, yaitu:

- Wajah berkeringat.

- Pupil salah satu mata mengecil.

- Mata menjadi berair dan berwarna merah.

- Telinga merah.

- Hidung berair atau justri tersumbat.

7 dari 7 halaman

Hemicrainia Continua


Kemungkinan terakhir yang bisa memicu sakit kepala sebelah kanan adalah hemicrainia continua. Selain rasa sakit pada kepala, ada pula gejala lainnya, yaitu:

- Nyeri kepala hanya di salah satu sisi.

- Dapat semakin parah seperti migrain.

- Terjadi dari hari ke hari dan terus-menerus.

- Pupil mata mengecil atau kelopak mata terkulai.

- Kepala yang sakit akan berwarna merah.

- Hidung tersumbar atau berair.

- Mata berair.

Jadi, itu tadi guys beberapa penyebab sakit kepala sebelah kanan ataupun kiri yang perlu kamu waspadai. Kita bisa mulai mencegahnya dengan menjalani pola hidup yang sehat. Kalau sakitnya semakin parah, segera hubungi dokter ya!

Beri Komentar