14 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan dan Belakang pada Ibu Hamil

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 27 Januari 2020 14:54
14 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan dan Belakang pada Ibu Hamil
Muali dari istirahat hingga konsumsi makanan tertentu, ini lho cara mengatasi sakit kepala yang bisa kamu coba di rumah.

Banyak orang nggak bisa mendeskripsikan antara pusing dan sakit kepala dengan jelas, namun rasanya bisa digambarkan seperti berdenyut di kepala secara konstan, tidak berhenti atau juga bsia berselang. Lokasinya mungkin ada pada seluruh kepala, ataupun hanya di ssatu sisi kepala saja. 

Sakit kepala yang muncul biasanya akan bertambah parah saat sore hari. Nggak cuman di kepala, rasa sakit ini akan menjalar ke otot leher, bahu, dan kulit kepala. Sakit kepala kadang bukan masalah yang serius, tapi tetap sangat mengganggu saat beraktivitas sehar-hari.

Ada banyak cara mengatasi sakit kepala, baik dengan perawatan rumahan atau langsung dengan tindakan medis. Beberapa diantaranya sudah Diadona rangkum dalam ulasan di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

ilustrasi air putih © Diadona

Meskipun kamu sudah menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari pemicu migrain, bukan nggak mungkin kalau kamu masih saja mengalaminya. Berikut beberapa cara mengatasi sakit kepala sebelah yang mungkin meringankan sakit kamu.

Istirahat di Ruangan Gelap dan Tenang

Beberapa orang yang sedang sakit migrain sering merasa punya sensitivitas yang tinggi dengan cahaya dan suara. Jadi, cara mengatasi sakit kepala yakni dengan tidur di ruangan yang gelap dan minim suara Selain itu, bahan kimia yang dilepaskan di otak selama tidur dapat membantu meringankan rasa sakit akibat sakit kepala.

Makan dengan Porsi Sedikit tapi Sering

Kalau kamu belum makan dalam beberapa waktu, ada kemungkinan sakit kepala yang kamu alami karena rendahnya gula darah. Maka cara mengatasi sakit kepala bisa kamu lakukan dengan segera ambil piring, lalu makan dengan porsi sedikit terlebih dulu. Menu yang disarankan meliputi makanan dengan magnesium tinggi seperti bayam, tahu, minyak zaitun atau labu.

Mencoba Meditasi

Saat merasa sakit kepala sebelah, coba deh melakukan meditasi dengan perhatian yang terfokus. Jenis meditasi yang penuh perhatian ini terkadang dapat meringankan rasa sakit fisik. Bahkan, meditasi dapat sebagai cara mengatasi sakit kepala dengan efek yang sebanding dengan pengobatan pada umumnya.

Olahraga

Olahraga sebagai cara mengatasi sakit kepala sepertinya berlawanan dengan tips pengobatans akit pada umumnya. Tapi tahu nggak sih kalau saat olahraga, darah kamu akan mengalir lebih cepat dan dapat mengurangi stres. Sebagai cara mengatasi sakit kepala, coba olhraga yang ringan dan tidak terlalu berdampak seperti yoga atau tai chi.

Banyak Minum Air

Dehidrasi sering menjadi pemicu migrain, dan minum banyak air dapat mengembalikan keseimbangan air, elektrolit dalam tubuh, yang berarti sebagai cara mengatasi sakit kepala. Sebagai variasi, kamu bisa menambahkan irisan lemon atau jeruk nipis ke air putih kamu untuk membaut rasanya lebih enak. Yang tidak kalah penting yakni batasi kafein, yang dapat mengalami membuat dehidrasi dalam jumlah yang besar.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala Belakang

Ilustrasi Pijat Punggung © Diadona

Sakit kepala bagian belakang biasanya terjadi dengan intensitas ringan, sedang atau parah. Bila rasa sakit yang menyerang cenderung sedang, biasanya rasa sakit akan hilang dengan sendirinya.

Pemijatan

Memijat dapat mengaktifkan titik akupresur dalam tubuh, membuat tubuh jadi rileks, dan dapat sebagai cara mengatasi sakit kepala. Beberapa orang mengatakan, pemijatan di pelipis akan merangsang sirkulasi dan membantu untuk lebih rileks. Sementara itu, beberapa yang lain justru merasa jauh lebih sensitif saat sedang dipijat.

Minum Obat Sakit Kepala

Sebagai cara mengatasi sakit kepala, acetaminophen, aspirin, ibuprofen, dan naproxen sudah sangat umum digunakan. Obat-obatan yang mengkombinasikan acetaminophen, aspirin, dan caffeine kadang-kadang dapat bekerja lebih baik daripada saat kamu meminumnya sendiri-sendiri.

Tetapi perlu diingat kalau menggunakan obatapa pun selama lebih dari 3 hari dalam seminggu sebagai cara mengatasi sakit kepala, dapat menyebabkan sakit kepala berlebihan.

Kompres Air Es atau Air Panas

Sebagai cara mengatasi sakit kepala, coba tempatkan kompres di bagian belakang leher kamu.  Direktur Division of Headache di NYU Langone Medical Center di New York City, Lawrence C. Newman, MD mengatakan, banyak pasiennya yang memilih kompres air dingin. Ini karena es punya efek mati rasa, dan mematikan ujung syaraf yang lainnya, sehingga bisa menjadi cara mengatasi sakit kepala.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan

Ilustrasi Insomnia © Diadona

Ada beberapa orang yang mengalami sakit kepala hanya di sisi kanan kepala mereka saja. Rasa sakit biasanya disertai dengan gejala lain, termasuk kelelahan, mual, maupun gangguan penglihatan. Meski dapat terjadi karena berbagai masalah penyebab seperti misalnya masalah neurologis, ataupun penggunaan obat-obatan, sakit kepala di sebelah kanan umumnya terjadi karena migrain saja.

Istirahat dari Menatap Layar

Mata lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer memang bukan penyebab sakit kepala yang utama, tapi menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer dapat membuat orang lebih rentan terhadap sakit kepala. Dengan memperhatikan ergonomi di ruang kerja maka dapat membantu mengurangi ketegangan leher, otot mata dan sebagai cara mengatasi sakit kepala.

Relaksasi

Terapi relaksasi fisik dan psikologis dapat membantu mencegah sakit kepala karena tegang, sekaligus menjadi cara mengatasi sakit kepala. Namun, ini hanya efektif selama kamu berlatih teknik ini secara teratur.

Akupresur

Metode ini telah dikenal luas sebagai cara mengatasi sakit kepala. Nggak cuman mirip dari nama, teknik ini juga mirip dengan akupuntur walaupun tanpa jarum. Langkah awal, tempatkan kedua ibu jari di pangkal tengkorak, di titik dekat oto tebal yang membentang di tengah leher. Tekan, lalu pijat dnegan ibu jari sampai kamu merasakan sedikit tekanan. Sebagai cara mengatasi sakit kepala, lakukan teknik ini selama 1 - 2 menit.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Nggak cuman mual saja, umumnya banyak ibu hamil yang mengalami pusing di trisemester awal kehamilan. Penyebabnya karena penyempitan pembuluh darah balik ke ibu. Berikut cara mengatasi sakit kepala pada ibu hamil:

Vitamin B Kompleks

Beberapa penelitian menunjukkan kalau suplemen vitamin B riboflavin (B2), folat, B12 dan piridoksin (B6) sebagai cara mengatasi sakit kepala secara aman dan alami. Vitamin ini biasanya tersedia di apotik dengan harga yang murah. Selain itu, vitamin B ini dianggap aman untuk dikonsumsi secara teratur, karena larut dalam air dan kelebihannya akan keluar dari tubuh melalui urin.

Menghirup Aroma Lavender

Cara mengatasi sakit kepala bisa kamu lakukan dengan mencium aroma lavender yang dapat membantu kamu jadi lebih rileks. Sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam European Neurology pada 2012 lalu, menguji penggunaan minyak esensial lavender pada orang yang mengalami migrain. Sebagai cara mengatasi sakit kepala, mereka yang menghirup minyak lavender selama 15 menit dilaporkan terjadi pengurangan rasa sakit dibanding mereka yang tidak menghirupnya.

Pijatan Lembut di Belakang Kepala

Memijat bisa menjadi cara mengatasi sakit kepala karena menghilangkan otot-otot yang tegang dan membantu kamu untuk rileks. Minta orang lain untuk memijat otot kepala, leher, dan bahu dengan lembut. Atau lakukan sendiri dengan pijatan kecil dengan menargetkan kepala dengan ujung jari

Beri Komentar