Penyebab Penyakit TBC Paru, Gejala serta Serta Cara Pencegahannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 4 Juni 2020 19:29
Penyebab Penyakit TBC Paru, Gejala serta Serta Cara Pencegahannya
Memang, penyebab penyakit TB adalah bakteri. Namun nggak tiba-tiba bakteri tersebut hidup di dalam tubuh penderita.

Penyebab penyakit TBC yakni keberadaan bakteri. Tapi kayak penyakit pernapasan dan menular lainnya, penyebab tingginya angka penderita yaitu karena penularan dari penderita. Maka, yang sangat penting yaitu pencegahan penularannya layaknya mencegah penyakit pernapasan lainnya.

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit TBC

Penyebab Penyakit TBCPenyebab Penyakit TBC © shutterstock.com/CGN089

Penyebab penyakit TBC adalah bakteri (Mycobacterium tuberculosis) yang paling sering menyerang paru-paru. Penyakit ini mudah sekali menular, tapi tetap bisa disembuhkan dan dicegah.

Kayak yang kita tahu, penyebab penyakit TB menular melalui udara, Dilansir dari laman WHOn.int, saat penderita penyakit TB paru ini batuk, bersin atau meludah, mereka mendorong kuman TB ke udara. Seseorang cuman perlu menghirup beberapa kuman ini biar bisa terinfeksi penyakit TB.

2 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit TBC dan Gejalanya

Penyebab Penyakit TBCPenyebab Penyakit TBC © shutterstock.com/Maridav

Penyebab penyakit TBC adalah kuman Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini merupakan patogen manusia yang punya dampak global mengerikan. Melansir dari sebuah jurnal, bakteri ini sudah menginfeksi sekitar 2 milyar manusia di seluruh dunia, dengan sekitar 10.4 juta kasus baru setiap tahunnya.

Bakteri penyebab penyakit TBC ini adalah bakteri yang kuno banget, yang sudah bertahan lebih dari 70 ribu tahun. Kelainan bentuk tulang belakang yang khas dari penyakit M. tuberculosistelah ditemukan pada sisa-sisa manusia Peru dan Mesir dan berasal dari setidaknya 5000 SM. Artinya, penyakit ini menimpa manusia di zaman prasejarah.

Penyakit TBC ini selalu dikaitkan dengan tingkat kematian yang tinggi selama berabad-abad, dan juga saat ini, diperkirakan bertanggung jawab atas 1,4 juta kematian TBC. Ini merupakan angka yang tinggi diantara penyakit menular lainnya, di bawah penyakit HIV.

Karena sifatnya yang menular banget, respons imunologis yang kompleks, perkembangan kronis dan perlunya pengobatan jangka panjang, TBC selalu menjadi beban kesehatan utama.

dilansir dari Mayo Clinic, meskipun tubuh seseorang ini mengandung bakteri penyeba penyakit TBC, namun sistem kekebalan tubuh biasanya bisa mencegah tubuh untuk sakit. Makanya, dokter membaut perbedaan:

TBC Laten

Yaitu di mana tubuh membawa bakteri penyebab penyakit TBC, tapi bakteri tersebut dalam keadaan nggak aktif dan nggak menimbulkan gejala. TBC ini nggak menular. Kondisi ini sayangnya bisa berubah menadi TBC aktif, sehingga pengobatan penting dilakukan untuk membantu mengendalikan penyebarannya.

TBC Aktif

Yaitu kondisi di mana penyakit TBC muncul, dan dalam beberap akasus bisa menyebar ke orang lain.Ini dapat terjadi dalam beberapa minggu pertama setelah infeksi dengan bakteri TBC, atau mungkin terjadi bertahun-tahun kemudian.

Seperti apa gejalanya?

  • Batuk yang berlangsung tiga minggu atau lebih
  • Batuk darah
  • Nyeri dada, atau nyeri saat bernafas atau batuk
  • Penurunan berat badan yang tidak disengaja
  • Kelelahan
  • Demam
  • Berkeringat di malam hari
  • Panas dingin
  • Kehilangan selera makan

3 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit TBC Paru dan Cara Penebarannya

Ilustrasi BatukIlustrasi Batuk © shutterstock.com

Penyebab penyakit TBC adalah bakteri yang menyebar di udara, seperti pilek atau flu. Ketika seseorang yang batuk, bersin, berbicara, tertawa, atau bernyanyi, tetesan kecil yang mengandung kuman dilepaskan. Seseorang yang kemudian menghidrup kuman ini bisa tertular penyakit TBC.

Paling tidak ada 4 cara pencegahan penyakit TBC dari sisi penularannya, yaitu:

Menghentikan Penularan TBC dari Orang Dewasa ke Orang Lain

Kebutuhan yang pertama dalam cara pencegahan TBC yaitu dengan memutuskan rantai penyebaran dari orang dewasa ke orang lain. Maka, langkah pertama yang dilakukan yaitu melakukan identifikasi orang dengan TBC aktif, trus menyembuhkannya. Dengan pengobatan yang tepat berarti merupakan pencegahan TBC yang tepat juga, kan?

Etika Batuk

Satu yang harus seorang penderita TBC ingat yaitu TBC menular saat penderitanya melepaskan bakteri penyebab penyakit TBC ke udara saat mereka batuk.

Vaksin

Pemberian vaksin BCG pada anak dan bayi baru lahir merupakan upaya nasional untuk pencegahan TBC. Vaksin ini emang udah terbukti sebagai perlindungan yang sangat baik untuk penularan TBC pada anak.

Sayangnya, perlindungan terhadap TBC paru yang ditularkan saat orang dewasa nggak cukup dengan vaksin ini aja.

Pendidikan TBC

Beda banget dengan penyakit lainnya ya, dalam pencegahan TBC mengandung langkah pendidikan TBC untuk penderitanya. Apa aja sih?

Orang dengan penyakit TBC harus tahu cara minum obat yang benar biar penyakitnya nggak resisten terhadap obat. Trus juga mereka kudu tahu gimana memastikan kalau mereka nggak menularkan TBC ini ke orang lain.

TBC memang mudah banget menular dati orang ke orang, tapi nggak mudah untuk ditangkap. Artinya gini, seseorang bisa aja

Penyebab penyakit TBC memang pada bakterinya, namun yang perlu diwaspadai yakni penularan dari orang yang memiliki infeksi. Maka, penanganan dan kesadaran dari penderita serta orang terdekatnya penting bange untuk menekna jumlah orang yang tertular.

Beri Komentar