Penyebab Penyakit Gula Darah Basah dan Kering serta Pengobatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 10 Februari 2021 16:04
Penyebab Penyakit Gula Darah Basah dan Kering serta Pengobatannya
Penyebab penyakit gula darah sebagian besar karena tubuh nggak bisa menggunakan insulin dengan baik

Penyebab penyakit gula bukan cuman karena konsumsi gula atau kalori yang terlalu tinggi. Namun ini lebih kepada kemampuan tubuh untuk mengolah gula tersebut. Makanya, penyakit gula atau diabetes disebut juga dengan penyakit metabolisme.

Dari catatan International Diabetes Federation (IDF), saat ini setiap 8 detik ada orang yang meninggal karena penyakit gula darah. Jumlahnya terus naik, tapi banyak orang yang nggak tahu tentang kondisinya ini.

Sedangkan di Indonesia sendiri, penderita penyakit gula darah yang berusia lebih dari 15 tahun ada pada angka 10 persen dari seluruh populasi. Cukup banyak, kan?

Data dari WHO menyebut kalau penyakit ini menyumbang angka kematian di peringkat ke-7 di seluruh dunia. Dan berita buruknya, semua orang sangat mungkin terkena penyakit gula ini ini. Memang sih, faktor keturunan memegang peran penting. Namun, gaya hidup nggak kalah berpengaruh.

Lebih lanjut mengenai penyebab penyakit gula ini yuk simak dalam ulasan Diadona dari berbagai sumber berikut (10/2).

1 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Gula Darah

Penyebab Penyakit Gula © Diadona

Lalu apa sih penyebab penyakit gula ini? Yuk kita pahami dulu sistem metabolisme tubuh kita ya!

Gini nih ceritanya. Jadi tubuh kita memerlukan glukosa dari makanan yang berfungsi sebagai sumber energi utama. Di dalam tubuh kita terdapat hormon insulin yang dibuat oleh pankreas yang gunanya membantu glukosa dari makanan masuk ke sel untuk digunakan sebagai energi.

Tapi terkadang tubuh nggak membuat cukup insulin atau nggak bisa memanfaatkannya dengan baik. Akhirnya, glukosa tertinggal di dalam darah dan nggak masuk ke sel.

Seiring waktu, penumpukan glukosa dalam darah menyebabkan tingginya kadar gula darah, yang jadi penyebab penyakit gula.

Lalu berdasarkana penyebab penyakit gula, penyakit ini dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

Diabetes Tipe 1

Di mana penyebab penyakit gula ini karena tubuh nggak memproduksi insulin. Ini karena sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas yang membuat insulin. Ngak jelas apa yang menyebabkan serangan ini. Dan jumlah penderitanya mencapai 10 persen dari total penderita penyakit gula.

Gejala dari penyakit gula darah tipe 1 hampir sama dnegan tie 2, yakni meliputi mulut kering, sering lapar, sering haus

Diabetes Tipe 2

Penyebab penyakit gula darah tipe ini adalah karena tubuh yang nggak bisa membuat atau menggunakan insulin secara baik. Dengan kata lain, tubuh mengalami resisten pada insulin. Akibatnya, terjadi penumpukan gula di dalam darah.

Diabetes tipe ini berasal dari kombinasi faktor genetik dan gaya hidup. Risiko makin meningkat pada seseorang dengan kelebihan berat badan. Ini karena ketika tubuh membawa beban ekstra, terutama di perut, maka sel tubuh jadi lebih resisten terhadap efek infulin pada gula darah.

Dirunut lagi, tubuh bsia mengalami resistensi insulin karena kebiasaa hidup yang kurangs ehat, konsumsi gula tinggi, sampai faktor genetika. 

Ini adalah tipe penyakit gula yang paling umum dan menurun dalam keluarga.

Diabaters Gestasional

Penyakit gula ini muncul pada wanita saat mereka hamil, dan sering kali hilang saat mereka sudah melahirkan. Penyebab penyakit gula darah ini karena keberadaan hormon penghambat insulin yang diproduksi oleh plasenta.

Tapi bila seorang wanita pernah menderita penyakit ini saat hamil, ada kemungkinan dia bakalan terkena penyakit gula atau diabetes tipe 2 di kemudian hari.

2 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Gula Kering dan Basah

Kamu mungkin pernah mendengar istilah penyakit gula kering dan gula basah di kalangan masyarakat. Apa maksudnya?

Sebenarnya penyakit gula ini nggak memiliki penggolangan kering atau basah seperti itu. Sebutan ini diciptakan oleh masyarakat sendiri berdasarkan karakteristik luka luar yang dimiliki oleh penderita.

Misalnya nih, penyakit gula kering ditandai dengan luka luar yang cepat sembuh. Sedangkan penyakit gula basah punya kuka luar yang lama sembuh dan malah jadi borok.

Dalaqm istilah medis, penggolahan penyakit gula hanya berdasarkan pada gimana insulin dalam tubuh, yakni diabetes 1 dan diabetes 2, gestasional, dan insipidus.

3 dari 3 halaman

Apa Penyebab Penyakit Gula dan Pengobatannya

Penyebab Penyakit Gula © Diadona

Penyebab penyakit gula akan menentukan bagaimna pengobatannya. Misalnya, pada penyakit diabetes tipe 1 atau saat tubuh nggak bisa memproduksi insulin, maka terapi insulin adalah pengobatan utama. Ini untuk menggantikan hormon yang nggak dapat diproduksi oleh tubuh.

Sedangkan untuk diabetes tipe 2 atau penyebab penyakit gula karena tubuh nggak bisa menggunakan insulin dengan baik, maka diet dan olahraga bisa dilakukan untuk membantu mengelolanya. Bila hal itu nggak cukup untuk menurunkan kadar gula dalam darah, maka penderita kudu minum obat.

Bagaimana pada penyebab penyakit gula karena kehamilan? Hal yang bisa dilakukan adalah dengan perubahan pola makan dan olahraga yang cukup.

Namun dikutip dari Mayo Clinic, sebanyak 10 sampai 20 persen wanita hamil dengan diabetes gestasional membutuhkan insulin untuk menurunkan gula darah.  Nggak usah khawatir karena insulin ini aman untuk bayi yang sedang tumbuh.

Nah bila sudah tahu penyebab penyakit gula ini maak lebih mudah memahami dan merawatnya kan?

Beri Komentar