Sering Disepelekan, Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Membuat Tubuh Kecil Sebelah

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 27 September 2020 14:25
Sering Disepelekan, Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Membuat Tubuh Kecil Sebelah
Sering lakukan hal ini ternyata memiliki dampak buruk lho.

Melakukan hal-hal kecil yang terkesan sepele terkadang memang membuat kita tak sadar akan dampak buruknya. Salah satunya adalah membuat beberapa bagian tubuh jadi pendek sebelah.

Hal ini sering kali terjadi di bagian kaki. Bahkan kondisi kaki yang kecil sebelah dapat membuat tubuh jadi rawan terjatuh.

"Terutama kaki. Kalau besar sebelah biasanya jadi gampang jatuh," kata dr Zaini K Saragih, SpKO dari Royal Sports Medicine Center saat ditemui tim health.detik.com.

1 dari 2 halaman

Pemicu

Sisi tubuh yang lebih besar ini biasanya terjadi pada bagian yang paling sering bergerak seperti tangan dan kaki. Nah sisi ini akan membentuk lebih banyak massa otot, sehingga lebih besar dari sisi lainnya.

Hal yang dapat memicu hal ini dapat terjadi karena kebiasaan menenteng tasdengan tangan kanan saja hal ini membuat area tersebut bekerja membuat lebih banyak massa otot namun tak sedikit memproduksi massa lemak.

Jika bagian kaki kanan lebih besar dari sisi satunya, umumnya bagian lengan kanan juga akan mengalami ukuran yang lebih besar dari lengan lainnya.

Namun pada beberapa kasus terdapat sebuah kondisi yang disebut 'cross, dimana kaki kanan lebih besar dari kaki kiri, sedangkan tangan kanan justru lebih kecil dari kiri.

" Kalau yang cross seperti ini, biasanya ada cedera. Entah disadari atau tidak, tapi biasanya pernah ada cedera," tambah dr Zaini.

2 dari 2 halaman

Penanganan

Untuk menghindari adanya tubuh besar sebelah, kita dapat mengurangi kebiasaan hanya membawa atau melakukan pergerakan disatu sisi saja. Misalnya selalu menenteng tas di sebelah kanan saja.

Selain itu hal ini juga dapat dikoreksi dengan latihan beban atau wight training. Sisi yang memiliki ukuran lebih kecil akan diberi beban ekstra akan membentuk lebih banyak massa otot.

Jadi meski nampak remeh, namun hanya menggunakan satu sisi saja untuk beraktifitas juga berdampak negatif lho.

Beri Komentar