Nggak Boleh Tidur Siang saat Menstruasi, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 2 Juli 2021 06:27
Nggak Boleh Tidur Siang saat Menstruasi, Mitos atau Fakta?
Kabar ini tersebar luas, namun apakah benar?

Setiap orang pasti pernah mengalami kesulitan saat tidur. Banyak sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Bisa jadi karena kopi, misalnya. Namun khusus wanita, susah tidur sering terjadi karena menstrutasi. Alhasil, besoknya di siang hari menjadi ngantuk.

Berhubungan dengan hal ini, muncul kabar yang bilang bahwa wanita yang sedang menstruasi tidak diperbolehkan untuk tidur siang. Apakah benar?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Tidur © Diadona

Ternyata melansir dari Hellosehat, kabar wanita menstruasi tidak boleh tidur siang itu tidak benar. Sampai saat itu, tak ada penelitian yang menyebutkan larangan tidur siang ketika menstruasi. Ngomong-ngomong, emang siapa sih yang pertama kali bilang nggak boleh tidur siang ini?

Sebaliknya, tidur siang faktanya bisa meringankan gejala PMS. Sebut saja perut kram, dan suasana hati yang buruk menjadi baik. Ditambah lagi, rasa kantuk karena kurang tidur di malam hari jadi bisa teratasi.

 

2 dari 4 halaman

Meski demikian, ada baiknya kamu mentaati aturan tidur siang agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Pertama, jangan tidur siang terlalu lama. Sekitar 10-20 menit saja cukup, jangan lebih dari 1 jam. Tidur sianglah dalam keadaan redup, dan jangan tidur siang setelah pukul 3 siang.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Tidur © Diadona

Di samping itu, mungkin kamu penasaran nih kenapa keadaan menstruasi jadi bikin kamu susah tidur. Alasannya adalah berhubungan dengan perubahan hormon reproduksi, yaitu estrogen dan progesteron. Sementara itu, kedua hormon tersebut bekerja bertolak belakangan dengan hormon melatonin, yaitu hormon tidur.

Hormong estrogen dan progesteronjadi sangat tinggi, sementara hormon melatonin menurun selama proses ini. Sehingga tubuh pun jadi kurang maksimal dalam mengatur waktu itu, merangsang rasa kantuk pun jadi susah.

 

Beri Komentar