Jangan Dilakukan, Langsung Menyikat Gigi Setelah Selesai Makan Ternyata Bahaya Lho

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 15 Desember 2020 13:25
Jangan Dilakukan, Langsung Menyikat Gigi Setelah Selesai Makan Ternyata Bahaya Lho
Meski sehat, ternyata hal ini membahayakan kesehatan gigi. Kok bisa ya?

Menyikat gigi bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang ada gigi agar tak ada bakteri yang tertimbun. Karena itu, tak sedikit yang mengira jika menyikat gigi setelah makan memiliki dampak yang baik. Ternyata hal tersebut salah lho, guys.


Menyikat gigi memang baik untuk kesehatan gigi, namun perlu diberi jeda. Dilansir dari cnnindonesia.com, menyikat gigi setelah makan justru dapat merusak gigi.

1 dari 2 halaman

Gangguan Pencernaan dan Kerusakan Gigi

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Hal ini karena di dalam mulut terdapat saliva (air liur) yang bersifat buffer effect atau penyeimbang. Saat makan, pH normal saliva yang semula 6,8 akan turun hingga mencapai pH kritis, yaitu 4.

Bila setelah makan langsung sikat gigi, maka struktur alami saliva tersebut akan rusak dan memengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan. Selain itu, hal ini juga dapat mendorong asam yang lebih tinggi pada gigi, yang menyebabkan korosi atau pengikisan terjadi lebih cepat dari pembusukan gigi.

2 dari 2 halaman

Jadi Kapan Waktu yang Tepat?

Ilustrasi Sikat Gigi © Diadona

Menurut Prof Melanie Sadono Djamil, Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), sebaiknya beri jeda sekitar 15 hingga 20 menit sebelum akhirnya kamu menyikat gigi.

" Sikat gigi itu 15 atau 20 menit setelah makan. Berikan kesempatan kepada saliva (air liur) untuk membantu proses pencernaan karena alfa amilase dan enzim lainnya dilepaskan setelah makan," jelasnya.

Nah, ajdi jangan menyikat gigi setelah makan ya. Beri jeda untuk berproses, Keep Healthy!

Beri Komentar