Mengenal Ramsay Hunt Syndrom, Penyebab Lumpuhnya Separuh Wajah Justin Bieber

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 11 Juni 2022 18:00
Mengenal Ramsay Hunt Syndrom, Penyebab Lumpuhnya Separuh Wajah Justin Bieber
Akibatnya, Justin harus mengehntikan sementara jadwal turnya.

Justin Bieber terpaksa harus mengundurkan sementara jadwal konser solonya yang sudah berlangsung sejak 18 Februari lalu karena masalah kesehatan. Melalui laman instagramnya, suami Hailey Baldwin itu mengumumkan bahwa dirinya menderita penyakit langka yang bernama Ramsay Hunt Syndrome.

Penyakit ini menyebabkan kelumpuhan total di separuh bagian wajahnya dan bikin dia mengalami kesulitan buat bergerak atau tersenyum. Justin Bieber juga menyampaikan kalau penyakit ini berbahaya bagi kondisi kesehatannya sehingga dia harus istirahat total.

1 dari 4 halaman

" Jadi, ada kelumpuhan total di sisi wajah saya. Bagi mereka yang frustrasi dengan pembatalan pertunjukan saya berikutnya, saya secara fisik, jelas, tidak mampu melakukannya. Ini cukup serius, seperti yang Anda lihat. Saya akan menggunakan waktu ini untuk beristirahat dan bersantai, hingga kembali ke seratus persen, sehingga saya dapat melakukan apa yang harus saya lakukan sejak lahir," jelasnya.

Apa penyakit Ramsay Hunt Syndrome, penyebab dan gejalanya?

2 dari 4 halaman

Dilansir dari situs Mount Sinai, Ramsay Hunt Syndrome adalah ruam yang menyakitkan di sekitar telinga, di wajah, atau di mulut. Nggak cuman menyebabkan munculnya ruam tapi Ramsay Hunt Syndrom ini bisa menyebabkan kelumpuhan wajah dan juga gangguang pandengaran.

Penyebabnya adalah virus varicella-zoster yang menginfeksi saraf di kepala. Ini adalah virus yang sama yang menyebabkan cacar air atau herpes zooster.

Setelah cacar dan herpes zooster sembuh, virus bakalan diam nggak atif di dalam saraf. Tapi setelah beberapa waktu hingga bertahun kemudian, virus bakalan aktif kembali dan bila itu terjadi, itu bisa mempengaruhi saraf wajah kamu.

Bila pengobatan segera dilakukan, risiko komplikasi Ramsay Hunt Syndrom berupa kelemahan otot wajah permanen dan ketulian bisa dihindari.

3 dari 4 halaman

Gejala sindrom Ramsay Hunt adalah :

  • Ruam merah yang sakit dengan lepuh berisi cairan di dalam dan sekitar satu telinga
  • Kelemahan wajah atau kelumpuhan pada sisi yang sama dengan telinga yang terkena

Biasanya, ruam dan kelumpuhan wajah terjadi secara bersamaan. Terkadang satu bisa terjadi sebelum yang lain. Di lain waktu, ruam tidak pernah terjadi. Gejala lainnya yang mungkin juga muncul antara lain:

  • Sakit telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Telinga berdenging (tinnitus)
  • Kesulitan menutup satu mata
  • Sensasi berputar atau bergerak (vertigo)
  • Perubahan persepsi rasa atau hilangnya rasa
  • Mulut dan mata kering

4 dari 4 halaman

Siapa Saja yang Berisiko Terkena Ramsay Hunt Syndrome?

Siapa aja bisa terkena kondisi langka ini, namun lebih umum muncul pada orangg yang lebih dewasa. Syndrom ini jarang terjadi pada anak-anak.

Meskipun disebabkan oleh virus, namun penyakit ini nggak menular. Hanya saja reaktivasi virus varicella-zoster dapat menyebabkan cacar air pada orang yang belum pernah menderita cacar air atau telah divaksinasi. Kalau kondisi ini terjadi pada orang dengan sistem kekebalan, infeksi ini bisa menyebkan hal serius.

Kapan Bisa Sembuh?

Kalau nggak ada banyak kerusakan syaraf, penderita bisa sembuh total dalam waktu beberapa minggu. Tapi kalau kerusakan lebih parah, mungkin sja penderita nggak bisa sepenuhnya pulih bakan setelah beberapa bulan.

Secara keseluruhan, peluang untuk cepat sembuh akan lebih baik kalau perawatan dimulai dengan segara, paling tidak tiga hari setelah gejala muncul. Kalau pengobatan dimulai dalam kurun waktu tiga hari, kebanyakan orang bisa smebuh total. Tapi kalau tertunda lebih dari tiga hari maka kemungkinan buat sembuh total bakalan lebih besar.

 

 

Beri Komentar