Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan, Obat Herbal yang Menyehatkan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 2 Maret 2021 11:40
Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan, Obat Herbal yang Menyehatkan
Beberapa penelitian bahkan telah melaporkan bahwa manfaat daun sambung nyawa cukup beragam, mulai kanker hingga mengobati interfilitas pada pria.

Daun sambung nyawa mungkin masih terdengar cukup asing di telinga banyak orang. Tapi siapa sangka, kalau daun yang memiliki nama latin Gynura procumbens ini, ternyata kerap dijadikan lalapan oleh banyak masyarakat orang Indonesia, lho.

Selain menjadi lalapan, manfaat daun sambung nyawa juga dipercaya untuk mengobati banyak penyakit. Mulai dari penyakit jantung, kanker, ginjal hingga mengontrol diabetes dan penyakit lain.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat daun sambung nyawa bagi kesehatan, yuk simak uraian berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Jantung

Ilustrasi Serangan Jantung © Diadona

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa daun sambung nyawa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, daun yang banyak ditemui di wilayah tropis seperti Indonesia ini banyak dicari untuk mengatasi masalah jantung.

Hal ini dikarenakan kandungan dalam daun sambung yang terdapat zat hypotesif ini bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah serta risiko penyakit jantung.

Cara memanfaatkannya iala dengan meminum ramuan dari rebusan daun ini dua kali sehari secara rutin. Eits, perlu diingat, meski banyak yang mengklaim bahwa manfaat daun sambung nyawa untuk jantung, kamu tetap disarankan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya, ya.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan

Ilustrasi Kanker Serviks © Diadona

Selain untuk jantung, manfaat daun sambung nyawa ini juga dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit lainnya, lho. Berikut diantarannya.

1. Mencegah Kanker

Manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan pertama ialah sebagai pengobatan kanker. Ya, daun ini telah digunakan sebagai obat untuk mencegah dan mengobati kanker payudara serta leukimia (kanker darah) dalam jangka waktu lama.

Ya, tanaman ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk kanker darah, kanker payudara, dan kanker rahim. Ekstrak dari daun sambung nyawa menunjukkan jika aktivitas tanaman tersebut bisa mencegah pertumbuhan dan pembelahan sel kanker, dan dapat membunuh sel tersebut. Dengan begitu, penyebaran kanker ke organ lain pun bisa dicegah.

Meskipun begitu, penelitian ini masih terbatas pada uji coba laboratorium, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih jauh tentan efektivitas manfaat daun sambung nyawa dalam pengobatan kanker pada manusia.

3 dari 4 halaman

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Ilustrasi Luka Luar © Diadona

Siapa sangka kalau daun sambung nyawa ini juga dimanfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh seseorang. Hal ini dibuktikan dalam dunia medis Thailand, ketika ekstrak etanol daun sambung nyawa digunakan pada hewan uji yang sedang terluka, proses penyembuhan lukanya pun jadi meningkat dan ukuran luka jadi berkurang.

3. Mengatasi Diabetes dan Kemandulan

Ternyata masih banyak lho manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan yang perlu diketahui. Seperti beberapa penelitian melaporkan jika ekstrak daun sambung nyawa bisa menurunkan kadar gula darah.

Bahkan, daun ini juga dilaporkan mampu mengatasi masalah kemandulan akibat diabetes dengan cara meningkatkan jumlah, pergerakan, serta kualitas sperma, dan mengurangi persentase sperma yang mati. Wow, cukup menarik, ya

4. Mencegah Penyakit Ginjal

Percaya nggaj jika manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan bisa mencegah penyakit ginjal? Ya, sebuah penelitian melaporkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa bisa menghambat pembelahan sel serta sintesis DNA yang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal.

Meski begitu, sayangnya semua penelitian tersebut masih sangat terbatas. Sebab masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan manfaat daun sambung nyawa pada kesehatan, serta dosis dan keamanannya jika digunakan sebagai pengobatan herbal.

4 dari 4 halaman

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Ilustrasi Gangguan Pencernaan © Diadona

Selain mencegah penyakit ginjal, luka pada lambung dan usus yang bisa menyebabkan perdarahan pada saluran cerna juga diyakini bisa diredakan dengan ekstrak daun sambung nyawa, lho. Menariknya lagi, ekstrak daun ini terlihat bisa mencegah terbentuknya tukak lambung serta melindungi lapisan dalam lambung.

6. Mencegah Malaria

Manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan selanjutnya datang dari efek antimikrobanya. Dikarenakan memiliki efek antimikroba, daun sambung nyawa pun dipercaya bisa melawan berbagai parasit yang menyebabkan penyakit malaria, yakni Plasmodium falciparum dan Plasmodium berghei.

Selain itu, ekstrak etanol daun sambung nyawa juga dipercaya menghambat perkembangan virus herpes simplex HSV-1 dan HSV-2 dalam tubuh, lho. Hal ini dibuktikan dalam sebuah uji klinis pada pasien penderita herpes labialis.

Meski manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan sudah diteliti, namun saat ini belum ada bukti yang cukup memastikan khasiat tanaman ini dalam pengobatan. Jadi, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, apalagi buat kamu yang sedang menggunakan obat-obatan tertentu, atau sedang menyusui.

Beri Komentar