Obat Penyakit Kuning Tradisional dan Alami untuk Bayi dan Orang Dewasa

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 25 Februari 2021 16:09
Obat Penyakit Kuning Tradisional dan Alami untuk Bayi dan Orang Dewasa
Obat penyakit kuning alami bagi bayi ternyata cuman tiga langkah sederhana saja lho..

Obat penyakit kuning yang diberikan kepada pasien tergantung pada penyebab penyakitnya. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan dan konsumsi obat-obatan sendiri di rumah, yang paling penting ada melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pada bayi baru lahir, penyakit kuning disebabkan oleh jumlah produksi bilirubin yang lebih besar daripada orang dewasa karena kerusakan sel darah merah yang lebih cepat dalam beberapa hari pertama kehidupan. Sedangkan pada orang dewasa, penyebabnya lebih bermacam lagi.

Nah, dan berdasarkan penyebab itulah, obat penyakit kuning terbagi menjadi tiga, melansir Alo Dokter.

Pengobatan pre-hepatic, yaitu obat penyakit kuning untuk mencagh kehancuran sel darah merah lebih banyak. Dengan demikian, penumpukan bilirubin bisa dihindari.

Pengobatan intra-hepatic yang diberikan untuk memperbaiki kerusakan hati dan mencegah kerusakan pada organ tersebut secara lebih luas.

Pengobatan post hepatic, diberikan dengan tujuan untuk menghilangkan sumbatan di dalam saluran empedu dan pankreas.

Namun itu adalah obat-obatan yang diberikan kepada dokter setelah melalui diadgnosa. Ada nggak sih obat penyakit kuning tradisional? Yuk simak lebih lanjut dalam uraian Diadona berikut ini ya!

1 dari 4 halaman

Obat Tradisional Penyakit Kuning

Sebuah jurnal yang diterbitkan pada 2019 lalu mereview ada sekitar 50 tanaman yang digunakan sebagai obat penyakit kuning oleh suku Chhattisgarh di India. Review tersebut bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah kerja tanaman herbal tersebut dan sayangnya, kebanyakan tanaman itu tak ditemukan di Indonesia.

2 dari 4 halaman

Obat Alami Penyakit Kuning untuk Bayi

Obat Penyakit Kuning © Diadona

Melansir Mama Natural, ada beberapa perawatan alami dan obat untuk menunjang kesembuhan bayi yang mengalami penyakit kuning.

Sering Makan

Maksudnya adalah sering memberikan susu kepada bayi. Pemberian makanan tersebut dapat membantunya menstabilkan hati dan memproses kelebihan sel darah merah dalam sistemnya.

Sinar Matahari

Spektrum cahaya biru yang ditemukan secara alami pada sinar matahari membantu memecah kelebihan bilirubin sehingga tubuh jadi lebih mudah mengeluarkannya. Tapi perlu diingat kalau ini bukan obat penyakit kuning, melainkan sebagai terapi tambahan. Pada bayi dengan kadar bilirubin yang terlalu tinggi, bayi membutuhkan penanganan khusus dengan terapi sinar sehingga kadar bilirubin bisa cepat turun dan mencegah terjadinya risiko gangguan syaraf.

Vitamin D

Sebuah penelitian menyebut kalau bayi dengan penyait kuning punya kadar vitmin D yang lebih rendah ketimbang bayi lahir normal. Tapi apaklah itu berarti bayi harus mendapatkan multivitamin D sebagai obat penyakit kuning? Engga dong.

Ibu yang menyusui bisa melengkapi asupannya dengan vitamin D yang bakalan masuk ke dalam ASI dan meningkatkan level vitamin D pada bayi.

Sebenarnya sih gejala penyakit kuning pada bayi baru lahir bsia sembuh tanpa pengobatan dalam waktu 2 minggu. Namun, bayi dengan kadar bilirubin yang sangat tinggi akan memerlukan perawatan dengan transfusi darah atau fototerapi.

3 dari 4 halaman

Obat Penyakit Kuning pada Orang Dewasa

Obat Penyakit Kuning © Diadona

Pada orang dewasa, obat penyakit kuning tergantung pada penyebab yang mendasarinya, diataranya:

Penyakit Kuning karena Anemia

Maka obat penyakit kuning yang paling sesuai yaitu dengan meningkatkan jumlah zat besi dalam darah dengan cara konsumsi suplemen zat besi atau makan lebih banyak makanan kaya zat besi.

Penyakit Kuning karena Hepatitis

Dalam kasus ini, obat penyakit kuning yang akan diberikan oleh dokter yakni antivirus atau steroid.

Kalau penyakit kuning terjadi karena obstruksi maka pengobatannya dilakukan dengan cara mengangkat obstruksi secara operasi.

Jika penyakit kuning disebabkan oleh penggunaan obat-obatan, perawatan untuk melibatkan perubahan ke pengobatan alternatif.

4 dari 4 halaman

Obat Alami Penyakit Kuning

Obat Penyakit Kuning © Diadona

Obat alternatif atau obat alami penyakit kuning mungkin banyak dicari karena berbagai alasan, mulai dari mengurangi konsumsi obat kimia, mencari pengobatan yang aman dan faktor biaya. Tapi sebelum memutuskan mencari tahu dan mengkonsumsinya, lakukan konultasi dulu dengan dokter.

Mengapa ini penting?

Obat penyakit kuning walaupun dalam bentuk yang alami harus tetap memperhatikan dosis dan cara penggunaan. Meski alami, bahan-bahan tersebut masih ada kemungkinan memiliki efek samping dan batasan pemakaian. Nah ini nih yang sulit diterapkan karena kadang kandungan bahan alami dan jumlah bahannya jarang diketahui. Pastikan juga melakukan pengolahan bahan alami tersebut dnegan benar agar kandungan yang bermanfaat tak hilang selama proses pengolahan.

Dan yang terpenting yaitu jangan sampai konsumsi obat penyakit kuning secara laami tersebut menggantikan obat dari dokter ya! Ingat, sebelum memberikan resep obat dan perawatan, dokter telah melakukan pemeriksaan tentang penyakit dan obat yang harus dikonsumsi dan tidak bisa digantikan secara sembarangan oleh bahan yang tak diketahui kandungan pasti dan dosisnya.

Beri Komentar