11 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Obat Herbal yang Berkhasiat Sejak Ribuan Tahun

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 3 Maret 2021 12:52
11 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Obat Herbal yang Berkhasiat Sejak Ribuan Tahun
Inilah manfaat pegagan (Centella asiatica) yang dipercaya sebagai obat herbal sejak dulu dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Bagi para perempuan yang punya masalah kulit wajah, tentu sudah tidak asing dengan nama tanaman yang satu ini. Yaps, daun pegagan atau Centella asiatica. Daun pegagan adalah tanaman yang tumbuh secara liar di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Jepang, Indonesia, dan India.

Umumnya, kandungan Centella asiatica dalam perawatan wajah digunakan sebagai pelembap dan serum. Namun, ternyata manfaat pegagan juga bisa mengobati dan mencegah berbagai permasalahan kesehatan tubuh lho, guys.

Pensaran apa saja manfaat pegagan untuk kesehatan dan kecantikan lainnya? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pegagan

Manfaat Pegagan © Diadona

Dikarenakan kandungan nutrisinya yang banyak, sehingga tak heran jika manfaat daun pegagan dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Simak daftarnya di bawah ini:

1. Meningkatkan Fungsi Otak dan Daya Ingat

Manfaat daun pegagan bagi kesehatan yang pertama adalah sebagai ramuan herbal untuk mengatasi gangguan suasana hati serta meningkatkan daya ingat yang sudah dipraktikkan dalam pengobatan tradisonal sejak lama.

Walaupun hasil dari beberapa penelitian ilmiah belum bisa sepenuhnya mendukung klaim tersebut, namun ada beberapa bukti bahwa daun pegagan punya manfaat langsung dan tidak langsung terhadap kesehatan otak.

Sebab, tanaman ini diduga bisa memengaruhi kemampuan kognitif dan memori secara tidak langsung. Sehingga, manfaat pegagan untuk otak ini memiliki efek meningkatkan kewaspadaan yang kemudian bisa meningkatkan kemampuan memori dalam jangka pendek.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat pegagan yang selanjutnya yaitu untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan bahan kimia dalam tanaman ini yang dikenal sebagai triterpenoid memeiliki peran untuk mempercepat penyembuhan luka, hingga meningkatkan kadar antioksidan, dan suplai darah ke area luka.

Cara pengobatannya, cukup oleskan salep yang mengandung ekstrak pegagan 1% ke daerah yang terkena luka seperti luka sayatan akibat benda tajam, atau jaringan yang terinfeksi, beberapa kali sehari.

2 dari 4 halaman

3. Membantu Mengurangi Stretch Mark

Ilustrasi Stretch Mark © Diadona

Ternyata, manfaat daun pegagan untuk kesehatan juga bisa mengurangi munculnya stretch mark dan mencegah munculnya selulit baru pada kulit lho, guys! Hal ini dikarenakan terpenoid yang ditemukan di pegagan bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Sehingga, nantinya hal ini dapat membantu mencegah terbentuknya stretch mark baru, dan membantu menyembuhkan selulit yang sudah ada. Cukup menarik ya, guys?

4. Memperbaiki Suasana Hati dan Mengatasi Depresi

Manfaat pegagan nampaknya memiliki efek mengurangi gangguan kecemasan dengan cara mengontrol aktivitas neurotransmiter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA).

Ya, kandungan asam asiatat yang terdapat pada tanaman ini diperkirakan menjadi pemicu efek pada GABA tersebut, dimana khasiat asam asiatat dalam daun pegagan memengaruhi penyerapan GABA oleh otak.

Sehingga, hal ini menjadikan daun pegagan berpotensi sebagai obat herbal untuk mengatasi gangguan kecemasan, insomnia, serta depresi tanpa efek sedatif seberat obat-obatan kimia. Contohnya, zolpidem dan barbiturate. Sayangnya, manfaat daun pegagan di atas masih membutuhkan penelitian ilmiah lebih lanjut, ya.

5. Mengobati dan Mencegah Jerawat

Menggunakan obat jerawat atau serum yang mengandung centella asiatica juga bisa mempercepat proses pemulihan sekaligus membersihkan wajah dari jerawat tanpa meninggalkan bekas, guys.

Menariknya lagi, karena daun pegagan dinilai efektif dalam meningkatkan produksi kolagen, maka tanaman ini juga mampu mencegah pembentukan luka bekas jerawat atau hiperpigmentasi.

3 dari 4 halaman

6. Membantu Meredakan Sakit Persendian

Ilustrasi Sakit Persendian © Diadona

Khasiat antiradang dari manfaat pegagan diduga juga bisa membantu mengatasi artritis, lho. Hal ini dibuktikan pada sebuah studi terhadap tikus di laboratorium, bahwa pemberian daun pegagan ini bisa mengurangi radang sendi ataupun erosi tulang rawan dan tulang.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam daun pegagan juga berpengaruh positif terhadap imunitas tubuh, sehingga bisa mengurangi inflamasi.

7. Mengatasi Penuaan Dini

Selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh,  manfaat daun pegagan untuk wajah juga bisa mengatasi penuaan dini terutama pada wajah dan leher.

Seperti diketahui, gejala penuaan dini ialah salah satu masalah kecantikan dan kesehatan yang paling dihindari oleh hampir sebagian besar wanita. Sebab, semakin bertambahnya usia maka produksi kolagen alami di dalam tubuh juga akan semakin berkurang.

Padahal, kolagen merupakan protein yang memiliki peranan penting dalam mengatasi penuaan dini karena bisa menjaga elastisitas kulit terutama pada kulit wajah serta leher.

Nah, menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyatakan jika daun pegagan secara efektif mampu membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh.

8. Mengobati Penyakit Alzheimer

Kalian tau nggak sih, kalau manfaat pegagan juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi saraf? Ya, hal inilah akan memberikan potensi dalam mengobati penyakit Alzheimer.

Bahkan, dalam penelitian, ekstrak pegagan memiliki efek sederhana dalam melindungi sel-sel otak dari toksisitas. Selain itu, ekstrak pegagan juga bisa melindungi sel dari pembentukan plak yang terkait dengan Alzheimer.

Akan tetapi, hal ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikan manfaat pegagan dalam mengobati penyakit Alzheimer.

4 dari 4 halaman

9. Keputihan

Ilustrasi Keputihan © Diadona

Para kaum hawa pasti merasa tidak nyaman saat menderita keputihan, kan? Tenang, cara mengatasi hal tersebut kamu bisa memperlajarinya dari manfaat pegagan untuk mengobati keputihan.

Caranya, cukup rebus 15 gram - 30 gram daun pegagan segar dengan tiga gelas air sampai mendidih dan menyisahkan 1 gelas air. Kemudian, saring dan dinginkan. Setelah itu, minum air rebusan pegagan 1/2 gelas dua kali sehari.

10. Wasir

Tak hanya masalah keputihan saja, manfaat pegagan juga bisa mengobati wasir, lho. Caranya cukup mudah, yakni dengan rebus 50 gram daun pegagan sebanyak dua gelas air selama 15 menit. Kemudian, kamu bisa minum daun rebusan tersebut sampai sembuh.

11. Bisul

Bisul memang bukan penyakit yang membahayakan, namun hal ini sangat menganggu bagi penderitanya. Oleh karena itu, kamu bisa mengobatinya dengan daun pegagan.

Ya, manfaat daun pegagan dipercaya efektif mengobati bisul dengan cukup mudah. Pertama, rebus 30 gram - 60 gram daun pegagan segar dengan tiga gelas air sampai mendidih, kemudian sisahkan air sekitar satu gelas. Jangan lupa minum air rebusan tersebut dua kali sehari.  

Itulah manfaat pegagan bagi kesehatan tubuh. Meskipun sudah terbukti khasiatnya, namun beberapa lainnya masih perlu penelitian lebih lanjut.

Beri Komentar