Mandi Malam Bisa Bikin Rematik, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 21 Januari 2021 16:27
Mandi Malam Bisa Bikin Rematik, Mitos atau Fakta?
Banyak orang yang masih mempercayai hal ini.

Hingga sekarang, banyak masyarakat yang masih mempercayai mitos-mitos yang beredar. Salah satu mitos kesehatan yamg masih dipercaya adalah tentang mandi malam, bahwa katanya bisa menyebabkan rematik. Rematik adalah penyakit yang berhubungan dengan radang sendi, serta juga bisa otot dan tulang.

Namun, benarkah demikian, mandi malam bisa menyebakan rematik? Padahal, untuk beberapa orang, mereka merasa sangat perlu untuk mandi malam karena sudah beraktivitas sepanjang hari.

 

1 dari 3 halaman

Mitos

ilustrasi wanita mandi © Diadona

Namun berdasarkan keterangan dari dr. Hascaryo Nugroho, Sp.PD., melansir dari Sehatq.com, mandi malam bisa menyebabkan penyakit rematik itu hanyalah mitos belaka. Penyebab sebenarnya penyakit rematik adalah sistem imun yang menyerang lapisan daerah persendian yang kemudian radang pada sendi sehingga menyebabkan rasa sakit.

Dr. Spesialis penyakit dalam dan reumatologi, Handono Kalim, melansir dair Kompas.com, juga mengatakan yang serupa. Malam malam tidak ada kaitannya dengan penyebab penyakit rematik.

" Mandi malam engga masalah. Itu hanya mitos," ucap Handono.

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Rematik © Diadona

Namun juga seseorang memang sudah mempunyai penyakit rematik sebelumnya, dr. Handono dan Hascaryo sependapat bahwa sebaiknya hindari untuk mandi malam. Sebab nantinya otot-otot bisa menjadi kaku dan malah memicu rasa sakit. Jika memang terpaksa, maka gunakanlah air hangat untuk mengurangi rasa sakit di persendian.

 

3 dari 3 halaman

Nah, jadi untuk kamu yang belum punya rematik, mandi malam itu nggak apa-apa ya gaes. Sebab, mandi malam bisa menyebabkan rematik itu cuma mitos. Namun berbeda hal jika seseorang sudah punya penyakit rematik, sebaiknya hindari penyakit malam karena bisa memicu rematik berulah.

Beri Komentar