Makanan Pedas Bisa Menyembuhkan Pilek, Masih Perlu Minum Obat?

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 20 Januari 2021 16:40
Makanan Pedas Bisa Menyembuhkan Pilek, Masih Perlu Minum Obat?
Mitos atau fakta?

Cuaca hujan sehari-hari dengan hawa yang semakin dingin di malam hari tentu berpotensi mengundang hadirnya berbagai penyakit. Pilek adalah salah satu penyakit yang bisa dipastikan tak pernah absen hadir di setiap musim hujan.

Produksi lendir berlebih di bagian hidung ini kadang juga membuat tersumbatnya salurna napas. Kenyamanan aktivitas sehari-hari pun jadi agak terganggu.

Banyak langkah untuk mengatasi pilek yang disertai hidung tersumbat. Dari sekian banyak cara, salah satu yang paling umum adalah dengan makan makanan pedas. Konon, makan makanan pedas dianggap dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat lho. Beneran nggak sih?

1 dari 3 halaman

Makanan Pedas Ampuh Redakan Pilek?

Ilustrasi makan © Diadona

Saat makan makanan pedas, tubuh kita akan mereaksinya dengan mengeluarkan air mata dan juga lendir dari dari hidung. Reaksi ini kemudian menjadi patokan kesembuhan untuk para pengidap pilek.

Perlu diketahui bahwa makanan pedas, yang pedasnya dihasilkan secara alami dari cabai memang mengandung zat capsaicin. Capsaicin dalam cabai mmiliki khasiat untuk mengencerkan lendir sehingga dapat membuat saluran pernapasan yang tersumbat jadi terasa lebih longgar.

Selain itu, zat capsaicin juga dapat mengurangi rasa sakit kepala yang biasanya juga kita alami ketika sedang pilek. Hal ini bisa terjadi karena capsaicin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf. Hambatan perjalanan sinyal ini yang kemudian membuat rasa sakit yang diderita jadi berkurang.

2 dari 3 halaman

Dampak Makanan Pedas

Kendati demikian, rupanya capsaicin juga memiliki dampak yang kurang baik. Dalam jumlah konsumsi yang berlebih, kandungan capsaicin dalam cabai justru membuat hidung iritasi. Kondisi ini malah akan membuat penyakit yang kita alami tak kunjung sembuh.

Perlu diingat pula bahwa tak semua orang mampu menoleransi rasa yang kuat dari cabai. Untuk beberapa orang, makanan pedas justru dapat mendatangkan penyakit yang lebih serius di bagian pencernaan.

3 dari 3 halaman

Masih Perlu Obat?

Ilustrasi pilek © Diadona

Untuk menghindari risiko-risiko tersebut, ada baiknya kita mengonsumsi makanan pedas secukupnya saat mengalami pilek karena toh pada kenyataannya cabai memang dapat meringankan pilek yang kita alami.

Perlu dicatat, meringankan, bukan menyembuhkan. Sebagai penyeimbang tetaplah mengonsumsi obat sesuai dengan aturan yang berlaku untuk mendapat kesembuhan yang maksimal.

Stay healthy all!

Beri Komentar