Makan Sedikit tapi Perut Bisa Kenyang, Emang Bisa?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 25 Januari 2021 16:27
Makan Sedikit tapi Perut Bisa Kenyang, Emang Bisa?
Gimana caranya ya?

Agar perut bisa kenyang, banyak masyarakat yang masih berpikiran bahwa makannya harus banyak. Semakin banyak makan, semakin kenyang perut. Padahal, hal tersebut merupakan pertanda kelebihan makan, yang bisa menyebabkan bertambahnya berat badan dan malah bisa menyebabkan obesitas.

Padahal, melansir dari Live Strong via Merdeka.com, kita bisa membuat perut kenyang hanya dengan makan yang sedikit lho! Begini nih caranya!

 

1 dari 7 halaman

Fokus

Ternyata, apapun yang kamu kerjakan itu harus fokus, termasuk makan. Makan nggak fokus bisa membuatmu makan sembarangan. Jadi, hindari gangguan-gangguan yang bisa kamu nggak fokus saat makan. Misalnya saja sambil nonton televisi. Makan sambil nonton TV bisa membuatmu nggak sadar bahwa perutmu sudah kenyang, sehingga bisa-bisa makannya jadi berlebih deh.

ilustrasi wanita nonton tv © Diadona

" Gangguan seperti televisi bisa membuatmu makan sembarangan dan selanjutnya juga berakibat terlalu banyak minu," jelas Oarr.

 

2 dari 7 halaman

Makan Perlahan

Salah tips yang nggak banyak orang tahu agar mmebuat perut terasa lebih kenyang adalah dengan mengunyah makanan dengan perlahan. Hal ini bisa membuat otak mengirim sejumlah sinyal untuk menyatakan bahwa kamu sudah kenyang. Sebaliknya, kalau makan buru-buru, tubuh bisa susah mengenali tubuhmu yang sudah kenyang.

" Makan secara perlahan dan mengunyahnya dalam waktu lebih lama bisa membuat perut mengiring sejumlah sinyal pada otak untuk menyatakan ketika kamu kenyang," jelas Chelsea Oarr, RD, CDN, pakar diet NY Nutrition Group.

3 dari 7 halaman

Siap Sayuran untuk Cemilan

Ilustrasi Sayuran Hijau © Diadona

Sayuran adalah makanan yang sangat bagus untuk tubuh. Selain itu, sayuran juga punya kandungan air dan serat yaang tinggi sehingga jika memakannya, kamu bisa menjadi terasa lebih kenyang. Dijadikan sebagai makanan beratmu boleh, dijadikan cemilan juga bagus!

4 dari 7 halaman

Tidur Cukup

Ilustrasi wanita tidur dan bermimpi © Diadona

Siapa sangka jika kualitas tidur memengaruhi nafsu makanmu? Kalau kamu kuran tidur, tubuh menjadi menginginkan untuk mengonsumsi kandungan gula agar bisa meningkatkan energi. Jika begini terus, kamu akan sering memakan gula, dan progres penurunan berat badan pun menjadi gagal.

5 dari 7 halaman

Minum Sebelum Makan

ilustrasi wanita minum air putih © Diadona

Minum sebelum makan ternyata bisa membuat perut terasa lebih kenyang. Selain itu, minum sebelum makan itu terbukti bisa membantu menurunkan berat badan. Nah, cocok banget nih yang lagi diet!

6 dari 7 halaman

Makanan Protein

Jenis makanan lain kamu perlu perhatikan jika ingin makan dikit tapi bisa kenyang adalah dengan makan makanan berprotein. Protein lama dicerna. Jika dimakannya juga perlahan, makan akan menghasilkan energi yang banyak meskipun dikit jumlah yang dikonsumsi. 

Beri Komentar