Makan Malam Bikin Badan Gemuk, Emang Iya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 24 September 2020 17:27
Makan Malam Bikin Badan Gemuk, Emang Iya?
Padahal kan enak...

Saya pernah mendengar hal macam ini. Kalau nggak mau badan gemuk, jangan makan malam. Makanya ketika kabar ini sudah menyebar begitu luas, banyak orang yang jadi takut makan malam dan justru menghindarinya. Padahal, bisa jadi itu orang kondisi lagi laper banget.

Tapi, emang bener, makan malam bikin badan gemuk?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita MakanIlustrasi Wanita Makan © Shutterstock

Kabar tentang makan malam bikin badan gemuk ternyata nggak sepenuhnya salah. Ternyata, ini hanyalah soal waktunya saja. Jika makannya terlalu malam alias jam 10 ke atas, menurut penelitian yang diterbitkan di The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, memang bisa mempengaruhi sistem metabolisme tubuh.

Penelitian tersebut meneliti sepuluh pria dan sepuluh wanita yang berbadan sehat, dan meminta makan jam 10 malam. Kemudian, para partisipan diminta untuk tidur jam 11 malamnya.

Hasilnya, kadar gula darah meningkat dan jumlah lemak yang terbakar pun jadi lebih sedikit. Hasilnya, berat badan pun juga bisa ikut meningkat.

 

2 dari 3 halaman

Tapi itu kan kalau makan malamnya terlalu larut ya. Berbeda cerita kalau makan malamnya di awal waktu. Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa makan malam tetap punya khasiat jika dilakukan di waktu yang tepat.

Menurut Northwestern Medicine, waktu yang tepat untuk makan malam adalah 4-5 jam setelah makan siang. Jadi kalau makan siang seseorang adalah jam 1, maka disarankan untuk makan malam jam 5-6.

Jika memang terasa lapar di saat beberapa jam sebelum tidur, kamu bisa menyiapkan cemilan sehat kok! Pokoknya jangan makanan berat. Soalnya, makan makanan berat itu bisa pengaruhi kualitas tidur.

 

Beri Komentar