Ternyata Gemuk Terbukti Dapat Menular! Jadi Harus Milih-Milih Teman, nih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 21 April 2020 18:27
Ternyata Gemuk Terbukti Dapat Menular! Jadi Harus Milih-Milih Teman, nih?
Kok bisa?

Banyak wanita yang ingin mendapatkan badan ideal. Segala macam diet mereka lakukan agar gimana cara gemuk minggat dari diri mereka. Selain ketawa, percaya nggak kalau ternyata gemuk itu menular? Jadi kalau kamu banyak berteman dengan orang-orang gemuk, kamu akan ikutan gemuk.

1 dari 5 halaman

Berdasarkan sebuah penelitian

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir dari New York Times, ya, gemuk itu ternyata bisa menular kawan-kawan! Penelitian tersebut dipublikasikan di New England Journal of Medicine yang dipimpin oleh Dr. Nicholas Christakis, seorang dokter dan profesor sosiologi medis di Harvard Medical School.

Penelitian tersebut melihatkan 12.067 orang telah mereka perhatikan selama kurang lebih 32 tahun, dari 1971 hingga 2003. Para peneliti telah mendata dengan siapa mereka berteman, pasangan atau saudara kandung atau tetangga, dan juga berat badan setiap peserta dalam berbagai waktu selama 32 tahun tersebut. Pertanyaannya, apakah seseorang akan menjadi gemuk ketika berteman dengan orang-orang gemuk?

2 dari 5 halaman

Berteman dengan Orang Gemuk Bisa Bikin Ikutan Gemuk

Ilustrasi Teman Gemuk © Diadona

Jawabannya sungguh mencengangkan. Orang-orang yang berteman dengan orang gemuk berpeluang besar ikutan gemuk sebesar 57 persen. Sementara itu, tetangga nggak punya pengaruh apapun, dan keluarga hanya sedikit pengaruhnya daripada pengaruh teman, terutama teman dekat yang saling menguntungkan.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Bisa Terjadi?

Dr. Nicholas Christakis menjelaskan hal ini. Ia menjelaskan bahwa teman-teman kita memengaruhi persepsi satu sama lain mengenai kegemukan. Ketika kita punya teman dekat yang gemak, kita akan mempunyai persepsi bahwa gemuk itu nggak buruk-buruk amat karena terbiasa melihat.

" Kamu mengubah persepsimu tentang tipe tubuh yang dapat diterima dengan melihat orang-orang di sekitar Anda," kata Dr. Christakis.

4 dari 5 halaman

Kemungkinan Menjadi Pandemi

Ilustrasi Teman Gemuk © Diadona

Jika penelitian ini benar adanya, yaitu gemuk memang dapat menular dari seseorang ke orang lain, maka nggak menutup kemungkinan bisa mencapai pandemi obesitas. Kalau sudah gini, haruskah seseorang berhenti berteman dengan orang-orang gemuk?

Dr. Kelly Brownell, seorang direktur Rudd Center Food Policy dan Obesity di Yale University tidak berpendapat demikian. " Saya rasa ada risiko yang lebih buruk ketika menyalahkan orang gemuk untuk hal-hal yang disebabkan oleh lingkunan yang mengerikan."

Seorang peneliti obesitas di University of Cambridge mengatakan bahwa ini adalah penelitian yang unik. Ini memberi penarangan baru tentang bagaimana dan mengapa orang menjadi begitu cepat gemuk.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar