Makan Cokelat Bisa Bantu Turunkan Berat Badan lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 8 Februari 2021 15:27
Makan Cokelat Bisa Bantu Turunkan Berat Badan lho!
Penelitian dan seorang ahli saraf mengungkapkan hal ini.

Siapa nih yang suka banget makan cokelat? Biasanya cokelat juga dijadikan sebagai hadiah lho, apalagi sebentar lagi mendekati valentine. Hmm, bisa-bisa banjir cokelat nih.

Banyak yang bilang kalau makan cokelat itu bikin gemuk. Namun ternyata, melansir dari Hellosehat, makan cokelat justru bisa bantu turunkan berat badan lho!

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Makan Cokelat © Diadona

Pernyataan ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Diet and Health di Meinz, Jerman. Mereke meneliti tiga jenis diet, yaitu diet rendah karbohidrat, diet cokelat 425 gram, dan mereka yang nggak diet apa-apa selama tiga minggu.

Hasilnya, mereka yang diet cokelat berat badannya turun lebih cepat sebanak 10 persen daripada mereka yang diet rendah karbohidrat. Mereka yang diet cokelat juga punya tidur lebih nyenyak dan kolesterol yang stabil.

 

2 dari 3 halaman

Meskipun bagaimana cara bekerja cokelat bantu menurunkan berat badan belum cukup jelas, peneliti Johannes Bohannon berpendapat bahwa kandungan flavonoidlah yang berperan besar. Kandungan ini terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan tinggi.

Flavonoid juga menghambat pemecahan lemak dan karbohidrat pada tubuh. Lemak dan karbohidrat pun akan lebih sedikit terserap, sehingga tak banyak lemak tertimbun di dalam tubuh. Wah, ternyata bisa gitu ya!

Seorang ahli saraf yang bernama Will Clover, Ph.D juga ternyata pernah menerbitkan buku yang berjudul Eat Chocolate, Lose Weight. Dlaam bukunya, ia mengungkapkan bahwa makan cokelat (satu potong) 20 menit sebelum makan, dan 5 menit setelah makan siang serta malam bisa menurunkan nafsu makanmu sampai 50 persen lho! Itu berarti, tetap saja makan cokelat jangan sering-sering dan banyak-banyak guys...

 

3 dari 3 halaman

Wah, ternyata begitulah cara kerja cokelat bisa menurunkan berat badan. Namun, perlu diperhatikan juga jenis cokelatnya. Disarankan sih pilih cokelat hitam karena punya kandungan gula yang sedikit dan lemak tak jenuh tunggal.

Beri Komentar