Makan di Depan Cermin Dapat Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 1 Februari 2021 08:25
Makan di Depan Cermin Dapat Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?
Ternyata begini fakta mengenai makan di depan cermin..

Berat badan merupakan suatu permasalahan yang dialami banyak orang. Tak heran, berbagai cara akan dilakukan untuk menurunkan berat badan tubuh.

Salah satunya adalah dengan makan di depan cermin. Tak sedikit yang meyakini jika hal ini dapat membuat tubuh jadi cepat kurus. Kira-kira ini fakta atau sekedar mitos ya?


Dilansir dari asiantown.net, makan di depan cermin bisa membantu kamu tetap langsing dan memiliki berat badan ideal. Para ilmuwan mengungkapkan jika makan di depan cermin bisa mendorong seseorang untuk makan makanan yang lebih sehat dengan jumlah yang tepat lho.

1 dari 2 halaman

Dampak cermin pada asupan makanan

Ilustrasi makan depan kaca © Diadona

Para peneliti menemukan jika orang-orang yang mengonsumsi makanan kurang sehat seperti cokelat atau junk food di depan cermin, hal ini akan berpengaruh karena melihat bayangan dirinya sendiri di cermin.

Hal ini berbeda ketika mengonsumsi makanan sehat di depan cermin. Menurut peneliti utama, Dr Ata Jami dari University of Central Florida,

" Cermin memungkinkan akan memberi tahu kita lebih dari sekedar penampakan fisik. Sekilas memang, kita akan melihat fisik kita. Tapi, cermin akan memungkinkan kita untuk melihat diri sendiri secara objektif. Cermin juga memungkinkan kita untuk menilai fisik atau perilaku diri sendiri seperti saat kita menilai orang lain." ujarnya.

2 dari 2 halaman

Letakkan di ruang makan

Ilustrasi Perempuan Diet © Diadona

Cermin di yakiini dapat mengubah pola pikir dan perasaan tak nyaman kita melakukan suatu hal yang kurang tepat.


Study yang diterbitkan di Journal of Association for Consumer Research ini menyimpulkan agar cermin diletakkan di ruang makan. Dengan menempatkan cermin ini, kita bisa melihat diri sendiri saat makan yang mendorong diri sendiri untuk memilih pola makan yang sehat dengan memilih makanan yang sehat juga.

Jadi cermin memang tak dapat menurunkan berat badan tubuh, namun dengan melihat cermin saat makan dapat memengaruhi psikologis dan pola pikir kita yang dapat membuat kita mengontrol asupan makanan. Masuk akal juga ya, segera cobain yuk!

Beri Komentar