Kulit Tubuh Menghitam dan Tebal di Bagian Tertentu, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 22 April 2021 17:27
Kulit Tubuh Menghitam dan Tebal di Bagian Tertentu, Kenapa Ya?
Ada yang pernah ngerasain ini? Di leher, atau ketiak mungkin~

Mungkin untuk sebagian orang, pasti pernah merasakan hal yang agak aneh di tubuh mereka. Salah satunya adalah tubuh di bagian tertentu mempunyai kulit yang tebal dan warnanya agak gelap alias menghitam. Sebagian orang mungkin tak peduli, dan sebagian yang lain justru sebaliknya. Kira-kira, kenapa ya ini?

 

1 dari 4 halaman

Acanthosis Nigricans

Acanthosis Nigricans © Diadona

Acanthosis Nigricans atau Akantosis Nigrikans, adalah sebutan untuk orang-orang dengan kondisi seperti di atas, kulit menghitam dan tebal di tubuh bagian tertentu. Berdasarkan penjelasan dari Hello Sehat, kondisi ini merupakan kelainan pigmentasi kulit.

Bagian-bagian tubuh yang sering terkena kondisi ini adalah ketiak, pangkal paha atau selangkangan, dan leher. Biasanya, kondisi ini merupakan tanda-tanda seseorang terkena obesitas atau diabetes. Bisa juga pertanda tumor bersifat kanker pada lambung atau hati, meskipun terbilang jarang terjadi.

2 dari 4 halaman

Gejala Akontosis Nigrikans

Acanthosis Nigricans © Diadona

Ciri utama seseorang dengan akontosis nigrikans adalah warna kulitnya yang berubah. Secara perlahan, kulitnya menggelap, dan juga bisa bau serta gatal. Bagian-bagian tubuh tersebut bisa berupa, siku, lutut, buku-buku jari, bibir, telapak tangan, telapak kaki, dan lutut. Namun, umumnya akontosis nigrikans memengaruhi bagian ketiak, lipatan paha, dan leher.

 

3 dari 4 halaman

Penyebab

Acanthosis Nigricans © Diadona

Penyebab akontosis nigrikans pun ternyata bermacam-macam. Pertama bisa karena resistensi insulin, yang biasanya menyebabkan diabetes tipe 2. Kedua bisa karena kelainan hormon. Ketiga bisa karena obat-obatan atau suplemen tertentu yang bisa menyebabkan perubahan warna kulit. Keempat, bahkan bisa karena kanker, saat tumor kanker mulai tumbuh pada bagian tubuh internal.

 

4 dari 4 halaman

Berdasarkan informasi, pemicu dari akontosis nigrikans ini bisa karena obesitas, dan juga riwayat keluarga. Jika sudah mempunyai tanda-tanda di atas, leih baik segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Beri Komentar