Kenapa Mata Jadi Merah Setelah Berenang?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 5 November 2020 08:25
Kenapa Mata Jadi Merah Setelah Berenang?
Kira-kira hal ini membahayakan nggak ya?

Berenang adalah salah satu olahraga yang disenangi banyak orang karena manfaatnya yang beragam, seperti menguatkan otot, tulang dan melatih pernafasan. Namun setelah berenang cukup lama, umumnya mata akan jadi kemerahan. Meski tak perih, kira-kira apa sih yang sebenarnya terjadi?

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, mata merah sehabis berenang disebabkan oleh kontaminasi urine dan keringat mengikat klorin di dalam air yang menciptakan senyawa kimia yang membuat mata merah ketika terpapar ke dalam mata.

1 dari 2 halaman

Bau Klorin dari Air Kolam

Penyebab Mata MerahPenyebab Mata Merah © 2020 shutterstock.com/9nong

Ternyata mata yang memerah ini dapat diperparah jika berenang di dalam ruangan. Hal ini karena minimnya perputaran udara di dalam ruangan, sehingga menciptakan reaksi kimia yang berakibat iritasi yang lebih parah lagi.

Kuatnya aroma klorin yang sering kali dianggap air dalam kolam renang telah disterilkan justru dapat menjadi pertanda jika klorin dalam kolam sudah terkontaminasi dengan urine dan keringat.

Karena kolam renang yang sehat seharusnya tidak memiliki bau kimia yang menyengat dan kuat.

2 dari 2 halaman

Mulai memilih kolam Berenang

ilustrasi berenangilustrasi berenang © swimming.org

Memang tidak ada cara untuk menghindari mata merah setelah berenang. Namun kamu dapat memilih dan memilah kolam renang yang sekiranya memang benar-benar menjaga kebersihannya.

Selain itu, kamu dapat menggunakan kaca mata renang untuk mengurangi adanya dampak dari zat klorin yang ada.

Jika mata sampai terasa perih, kamu dapat menggunakan obat tetes mata atau mengompres mata dengan handuk tingin selama 5-7 menit.

Nah memang tak begitu membahayakan, namun tentu saja iritasi mata ini perlu sebisa mungkin dihindari agar tak mengganggu.

Beri Komentar