Kelamaan Main Handphone Ternyata Bisa Picu Obesitas, Kok Bisa?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 17 Januari 2021 09:27
Kelamaan Main Handphone Ternyata Bisa Picu Obesitas, Kok Bisa?
Ada yang sampai main handphone seharian, mungkin?

Siapa sih sekarang ini yang nggak pegang handphone? Bahkan anak kecil aja kayaknya udah wajib banget nih main handphone. Untuk anak muda, biasanya handphone digunakan untuk main game, atau bersosial media. Kalian buat apa aja nih kalau main handphone?

Namun, ternyata nggak seharusnya kita bermain handphone kelamaan gaes. Sebab melansir dari NDTV.com, main handphone kelamaan bisa picu obesitas! Wah, kok bisa ya?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Main Handphone © Diadona

Sebuah penenelitian yang dilakukan oleh Simon Bolivar University di Colombia mengatakan bahwa bermain handhphone, khususnya remaja, selama lebih dari 5 jam bisa meningkatkan risiko obesitas lebih besar. Selanjutnya, mereka cenderung akan mempunyai kebiasaan hidup buruk lainnya yang bisa meningkatkan penyakit jantung.

 

2 dari 3 halaman

Penelitian tersebut meneleiti 1.060 mahasiswa yang terdiri dari 700 perempuan dan 360 laki-laki. Umur mereka berada di sekitar 19-20 tahun. Hasilnya, mereka yang bermain handphone lebih dari 5 jam mempunyai 43 persen risiko obesitas lebih tinggi. Sebab, semakin lama bermain handphone, semakin banyak pula mereka minum minuman manis, fast food, snacks dan semacamnya, yang membuat aktivitas fisik berkurang.

Mirary Mantilla, penulis utama penelitian ini, mengatakan bahwa penting makanya untuk segala kalangan agar mengetahui dan menyadari hal ini. Memang handphone memberikan kenyamanan, berbagai layanan, sumber informasi, hiburan, dan lain sebagainya. Namun, tentu saja handphone juga seharusnya bisa meningkatkan kebiasaan dan perilaku sehat.

 

3 dari 3 halaman

Jadi, sebisa mungkin kurangi bermain handphone, dan juga lakukan berbagai olahraga. Sebab jika sudah kecanduan handphone, bisa berdampak buruk pada tubuh, dan salah satunya adalah obesitas.

Beri Komentar