Jarang Diperhatikan, Ternyata Air Mani Punya Bermacam Warna lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 29 September 2020 17:27
Jarang Diperhatikan, Ternyata Air Mani Punya Bermacam Warna lho!
Taunya satu warna doang?

Mungkin berbicara tentang sperma adalah salah satu hal yang masih tabu untuk dibicarakan di berbagai kalangan luas. Tapi bagaimanapun juga, ngomongin hal tersebut sekali-kali nggak apa-apa lah ya untuk menambah pengetahuan, terutama untuk laki-laki.

Berbicara soal sperma, kamu tahu warna sperma tuh gimana? Melansir dari Hello Sehat, warna sperma bisa bermacam-macam dan bisa menandakan kondisi kesehatannya, lho!

 

1 dari 5 halaman

1. Putih, Jernih, atau Abu-Abu

Warna ini adalah warna umum yang dimiliki sperma. Jelas, warna ini menandakan bahwa kondisi sperma baik. Jika memiliki tekstur kental, itu berarti jumlah sel sperma banyak.

Untuk beberapa orang, spermanya menjadi encer. Ini disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa karena sering ejakulasi, atau kurangnyya asupan zinc.

2 dari 5 halaman

2. Hijau atau Kuning

Udah kayak air kencing aja nih. Ternyata, air mani juga bisa menjadi warna hijau atau kuning. Kalau udah berubah gini, itu tanda sperma nggak sehat guys!

Bisa dikarenakan memakan makanan yang mengandung pewarna, kandungan sulfur seperti bawang putih, serta alkohol. Bisa juga karena air mani keluar berbarengan barengan dengan air kencing.

Parahnya, air mani berwarna kuning juga bisa bertanda penyakit jaundice (kekuningan), leukositospermia (kebanyakan sel darah putih), bahkan infeksi prostat.

3 dari 5 halaman

3. Merah Muda, Merah, Jingga, atau Cokelat

Pernah melihat air mani berwarna merah?  Warna merah medah muda berarti darah yang masih segar. Sedangkan jingga dan cokelat karena darah lama yang sudah terlanjut bercampur dengan sperma.

Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi. Di antaranya bisa karena penyakit menular seksual, infeksi prostat, operasi kelenjar prostat, kanker prostat, bahkan hingga hubungan seksual yang terlalu kasar.

4 dari 5 halaman

4. Hitam

Kok bisa warna air mani menjadi hitam? Ya, bisa. Hitam tersebut juga berasal dari darah. Hal ini dikarenakan darah tersebut sudah terlalu lama mengendap dan banyak terpapar oksiged, sehingga warnya jadi gelap.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Bisa karena paparam logam berat, juga bisa karena tulang belakang yang cedera, yang bisa mengganggu fungsi vesikula seminalis. Sedangkan vesikula seminalis adalah kelenjar yang menghasilkan sperma.

Beri Komentar