Ternyata Turunnya Berat Badan Berdampak Buruk Buat Kesehatan Rambut! Kok Bisa?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 27 September 2020 08:27
Ternyata Turunnya Berat Badan Berdampak Buruk Buat Kesehatan Rambut! Kok Bisa?
Kan rambut jadi nggak enak rasanya...

Impian kebanyakan wanita adalah mempunyai tubuh yang ideal. Tak sedikit makanya dari mereka berakhir melakukan diet, gimana caranya agar bisa menurunkan berat badan. Kalau bisa secepat mungkin, ya secepat mungkin.

Tapi ternyata, tahu nggak, ternyata turunnya berat badan bisa mempengaruhi kesehatan rambut lho!

 

1 dari 4 halaman

Rambut Rontok

Ilustrasi Rambut Rontok © Diadona

Melansir dari Women's Health, penurutun berat badan bisa berpengaruh pada kerontokan rambut. Jadi ketika berat badanmu berkurang, kamu bisa saja merasa senang. Tapi jangan kaget kalau tiba-tiba rambutmu beberapa jadi rontok.

Menurut Ken L. Williams Jr., DO, spesialis restorasi rambut, ahli bedah, dan penulis Hair Transplant 360 - Ekstraksi Unit Folikuler, rontoknya rambut ketika berat badan turun adalah sesuatu yang normal.

" Kami tahu bahwa, secara klinis dan anekdot, rambut rontok berkaitan dengan penurunan berat badan yang cepat atau penurunan berat badan yang terkait dengan stres."

 

2 dari 4 halaman

Kata Beth Warren, RDN, pendiri Beth Warren Nutrition dan penulis Living a Real Life with Real Food, mengatakan bahwa semakin banyak berat badan yang turun, semakin besa kemungkinan seseorang mengalami kerontokan rambut.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Fatima Cody Standford, MD, MPH, seorang dokter pengobatan obesitas di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mengatakan bahwa hal ini dikarenakan nutrisi.

Ketika seseorang tidak mengonsumsi cukup protein, terutama yang mengalami penurunan berat badan, rambut bisa jadi rontok. Tubuh hanya mengirim protein kepada bagian yang benar-benar penting dan membutuhkan.

Sementara itu, rambut hanya menerima sisa-sisa makanan. Kalau protein yang dikonsumsi tubuh saja kurang, bisa-bisa rambut nggak kebagian nutrisi. Rambut pun jadi rontok.

 

3 dari 4 halaman

Akan Sembuh Sendiri Jika...

Ilustrasi Rambut Rontok © Diadona

Tapi kabar baiknya, momen ini hanyalah berlansung selama sementara. Ketika orang sudah merasa cukup dengan berat badannya dan berhenti untuk menurunkan berat badan, rambut rontok bisa sembuh dengan sendirinya.

" Ketika orang berhenti menurunkan berat badan, rambut rontok biasanya sembuh dengan sendirinya," kata Warren.

Beri Komentar