Jarang Diperhatikan, 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Otakmu lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 25 Desember 2020 10:27
Jarang Diperhatikan, 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Otakmu lho!
Kamu punya kebiasaan berikut, nggak?

Kesehatan adalah sesuatu yang berharga. Untuk itu, perlu kita sadar dampak atas sesuatu yang kita lakukan. Namun, kebanyakan orang masih saja melakukan sesuatu seenaknya saja.

Padahal, ada beberapa kebiasaan yang perlu banget diperhatikan, sebab bisa berdampak pada kesehatan otak. Apa aja sih kebiasaan itu? Melansir dari Pharmiweb.com, ini kebiasaan yang bisa merusak otak.

 

1 dari 8 halaman

1. Kurang Tidur

Ilustrasi Insomnia © Diadona

Siapa di sini yang masih sering begadang yang berimbas kepada kurangnya waktu tidur? Ternyata, kurang tidur ini bisa menyerang bagian otak yang bernama hipokampus. Hasilnya, bisa memengaruhi kemampuan otak untuk mengingat informasi baru.

2 dari 8 halaman

2. Kebanyakan Makan Gula

Yang suka makan atau minum manis-manis, sebaiknya udah saatnya nih kamu kurang-kurangin. Sebab. kebanyakan makan gula dalam jangka waktu lama bisa malnutrisi, yaitu terganggunya kemampuan tubuh untuk menyerap protein dan nutrisi. Alhasil, pertumbuhan otak pun akan terhambat, guys!

3 dari 8 halaman

3. Tidak sarapan

Ilustrasi Wanita Sarapan © Diadona

Demi kepentingan diet, banyak orang akhirnya melewati sarapan atau tidak makan sama sekali di pagi hari. Padahal, melewatkan sarapan bisa berdampak pada kerusakan otak. Kadar glukosa darah akan rendah, yang bisa memperburuk fungsi otak.

4 dari 8 halaman

4. Suara Keras dengan Earphone

Agar bisa mendengarkan musik dan tenang dan nyaman, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan earphone. Namun jika musik disetel dengan suara keras bisa merusak jaringan otak di masa mendatang. Selain itu, bisa-bisa menyebabkan masalah pendengaran permanen lho!

5 dari 8 halaman

5. Kebanyakan Makan

Makan Pagi Hari Lebih Cepat Kenyang, Ternyata Ini Penyebabnya © Diadona

Yang berlebihan memang tidak bagus, termasuk dalam hal makanan. Makan banyak-banyak bisa mengeraskan arteri otak sehingga bisa merusak mental. Selain itu, kebanyakan makan jika jadi kebiasaan bisa menyebabkan hilangnya memori di masa mendatang.

6 dari 8 halaman

6. Merokok

Ilustrasi Rokok © Diadona

Sudah jadi hal yang umum jika menemukan orang merokok. Padahal merokok sudah terbukti menyebabkan masalah serius, yang ternyata salah satunya adalah dampak buruknya terhadap otak. Otak bisa mengalami penyusutan, dan bisa-bisa nantinya menyebabkan Alzheimer.

7 dari 8 halaman

7. Tidur Menutupi Kepala

Mungkin kelihatannya begitu sepele. Banyak orang yang tidur dengan menutupi kepala agar nyaman, entah itu dengan selimut, bantal, bahkan tangan. Ternyata, kebiasaan ini meningkatkan karbondioksida dan mengunrangi konsumsi oksigen. Bisa-bisa, nantinya sel-sel otak berada dalam keadaan bahaya karena kekurangan oksigen.

Beri Komentar