Nggak Terpapar Sinar Matahari, Kenapa Kulit Menggelap Setelah Berenang?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 23 Desember 2020 10:25
Nggak Terpapar Sinar Matahari, Kenapa Kulit Menggelap Setelah Berenang?
Ternyata ini lho penyebab kulit menggelap setelah berenang...

Berenang merupakan salah satu olahraga yang banyak menjadi pilihan. Olahraga yang dilakukan di air ini memiliki berbagai manfaat, salah satunya meninggikan badan jika masih di usia pertumbuhan.

Namun tak sedikit yang mengeluhkan jika berenang membuat warna kulit jadi menggelap, padahal meski tak terkena matahari. Kenapa gitu ya?

1 dari 3 halaman

Kandungan Kaporit

Ilustrasi Wanita Berenang © Diadona

Dilansir dari doktersehat.com, meski berenang tanpa terpapar sinar matahari hal ini memang tetap dapat menggelapkan kulit. Bukan karena sinar matahari, namun karena bahan kaporit yang kerap dicampurkan ke dalam air kolam renang agar kolam tetap bersih dan jernih.

Meski begitu, kaporit ini memiliki kandungan yang dapat memicu kerusakan pada lapisan kulit. Hal ini akhirnya membuat kulit yang terpapar jadi lebih sensitif, terlebih jika ada paparan dari matahari secara langsung. Hal ini lah yang pada akhirnya membuat kulit jadi menggelap dari sebelumnya.

2 dari 3 halaman

Masalah Kulit

Ilustrasi kulit kering © Diadona

Selain itu, kandungan kaporit ini juga dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan kolagen yang bertugas untuk melindungi kulit. Tak jarang, hal ini mengakibatkan kulit jadi kering, kusam atau terasa ketat setelah berenang.


Karena beberapa faktor tersebut, jangan pernah lupa untuk selalu menggunakan sun screen atau sunblock ketika akan berenang ya. Selain itu, jangan lupa juga untuk segera ganti pakaian setelah selesai berenang.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi

Ilustrasi Masker Tomat © Diadona


Untuk mengatasi kulit yang menggelap setelah berenang, kamu dapat menggunakan tomat lho. Kandungan asam nitratnya dapat mengurangi kulit yang menggelap akibat kaporit.

Jadi menggunakan sunblock sebelum berenang jadi hal penting untuk melindungi kulit agar tak menggelap ya. Jangan diskip!

Beri Komentar