Sering Ogah-Ogahan Mandi? Hati-Hati, Bisa Jadi Kamu Punya Fobia Ini!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 22 Desember 2020 19:27
Sering Ogah-Ogahan Mandi? Hati-Hati, Bisa Jadi Kamu Punya Fobia Ini!
Siapa nih yang kayak gini?

Untuk menjaga kebersihan tubuh, sudah seharusnya kamu mandi setiap hari bukan? Sebagai warga Tanah Air, umumnya sih sehari dua kali. Ya, walaupun ada yang melakukannya sehari satu kali aja.

Namun, tentu mandi dilakukan dengan kemauan sendiri. Pada kenyataan, ada nih orang yang ternyata ogah-ogahan buat mandi. Alhasil, bisa-bisa itu orang belum mandi berhari-hari. Kamu salah satunya?

Nah, kalau termasuk, kamu perlu hati-hati nih. Melansir dari Healthline, bisa jadi kamu punya fobia ini!

 

1 dari 4 halaman

Ablutophobia

ilustrasi wanita mandi © Diadona

Ya, fobia tersebut disebut dengan ablutophobia. Fobia ini secara definisi adalah perasaan takut luar biasa untuk membersihkan atau mencuci, dalam hal ini terhadap mandi. Kalau udah takut buat mandi, ya kemungkinan besar jadi ogah-ogahan deh.

Fobia ini termasuk kategori fobia spesifik. Biasanya, ablutophobia terjadi pada anak-anak dan wanita. Di Amerika Serikat, ada sekitar 19,2 juta orang dewasa yang mempunyai fobia spesifik.

 

2 dari 4 halaman

Gejala Ablutophobia

Ablutophobia adalah gangguan kecemasan fobia spesifik. Ketika dihadapkan dengan hal berbau mandi, gajala umumnya timbul rasa takut dan cemas yang intens, bahkan sampai panik. Sudah tahu ketakutan tersebut gak rasional, tapi tetap saja menghindari mandi.

Karena hal tersebut, gejala fisik yang timbul bisa keringatan, jantung berdetak cepat, sulit bernapas, yang tentu saja bisa mengganggu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

 

3 dari 4 halaman

Penyebab Ablutophobia

ilustrasi mandi malam wanita © Diadona

Sayangnya, masih belum diketahui dengan pasti kenapa seseorang bisa mempunyai ablutophobia. Namun kemungkinan besar disebabkan salah satu dari tiga hal ini, yaitu pengalaman traumatis, masalah genetik, dan masalah fungsi otak.

 

4 dari 4 halaman
Beri Komentar