Hati-Hati, Kalori 4 Butir Kue Lebaran Setara dengan Sepiring Nasi dan Lauk

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 16 Mei 2021 12:55
Hati-Hati, Kalori 4 Butir Kue Lebaran Setara dengan Sepiring Nasi dan Lauk
Nggak heran kalau badan ikutan lebar-an pasca lebaran

Lebaran selalu identik dengan sajian yang menggugah selera, mulai dari menu sayur dan lauk pauk seperti opor, rendang, hingga beragam camilan kue kering seperti nastar, kastengel atau putri salju. Nggak heran momen lebaran dikaitkan dengan bentuk badan yang makin lebar atau kenaikan berat badan. Siapa yang begini, hayo?

Kue lebaran yang masih tersisa memang menggoda untuk dilahap. Ngemil satu atau dua butir rasanya masih kurang, sementara kue masih sisa banyak. Kadang karena khawatir tak habis dan malah terbuang, kita cenderung justru menyantapnya tanpa memperhatikan jumlah kalori yang masuk.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Nastar © Diadona

Ahli Gizi Mayapada Hospital Kuningan Christina Andhika Setyani SGz RD dalam wawancaranya dengan Health Liputan6.com belum lama ini memperingatkan tentang tingginya kalori dalam sebutir kue lebaran.

Kue kering khas Lebaran seperti nastar, kastengel, dan putri salju mengandung tinggi kalori. Bahkan, kalori dalam empat butir kue Lebaran bisa lebih tinggi dari seporsi nasi beserta lauk-pauk lengkap.

Berdasarkan tabel Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram Kastengel mengandung 406 kkal, protein 18 gram, lemak 20,6 gram, dan karbohidrat 38 gram. Sementara untuk 100 gram kue nastar, jumlah kalorinya sebesar 512 kkal, protein 16 gram, lemak 24,5 gram, dan karbohidrat 57 gram.

" 100 gram kue kering tersebut berjumlah empat sampai enam butir kue," jelas Christina.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Nasi Padang © Diadona

Sementara itu, dikutip dari Fatsecret, satu porsi nasi goreng ayam mengandung 329 kkal, nasi goreng mengandung 333 kkal, dan dikutip dari SehatQ, rata-rata total kalori nasi padang per satu porsi sajian adalah 664 kkal.

Padahal, Christina menjelaskan kalau kebutuhan kalori pria dewasa ada di kisaran 2.550 sampai 2.650 kkal. Sementara untuk wanita dewasa, kebutuhan kalorinya sedikit lebih rendah yaitu 2.150 sampai 2.2500 kkal per hari.

Satu toples kue kering ukuran kecil biasanya memiliki berat 250 gram. Itu artinya, ada sekitar 1000 hingga 1.250 kkal di dalamnya. Bila kamu menghabiskan satu toples itu sendirian, wah, itu sama saja kamu sudah menyantap dua porsi lebih nasi beserta lauknya atau setara dengan setengah kebutuhan kalori harianmu.

" Belum lagi ditambah dengan makanan hidangan Lebaran lainnya," sambung Christina.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Obesitas © Diadona

Lalu, apakah itu berarti konsumsi kue kering Lebaran bisa langsung membuat berat badan naik? Tak selalu demikian.

" Peningkatan berat badan akibat konsumsi kue kering satu toples sepertinya sulit untuk diketaui secara hpasti, karena setiap orang pasti berbeda-beda."

Sebab, menurutnya, ada faktor lain seperti jumlah asupan makanan, aktivitas fisik, jenis makanan yang dikonsumsi, pola makan, dan status gizi atau berat badan awal masing-masing orang.

Meski begitu untuk kamu yang sedang berjuang untuk menjaga berat badan tetap ideal, tetap perhatikan asupan yang masuk dan jangan remehkan 'kecil'nya makanan yang kamu santap.

Beri Komentar