Bahaya Gak Sih Membunyikan Tulang Punggung?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 16 Mei 2021 08:27
Bahaya Gak Sih Membunyikan Tulang Punggung?
Sering kayak gini?

Setelah melakukan kegiatan seharian penuh, kadang punggung terasa pegal. Pasti banyak di antara kalian yang sering nih membunyikan punggung pas lagi pegal-pegalnya sampai 'krek'. Emang, ada sensasi lega dan enak banget.

Namun kira-kira, bahaya nggak sih bunyiin punggun seperti ini?

1 dari 3 halaman

Bahaya Jika sering

Ilustrasi Bunyikan Punggung © Diadona

Ahli beda Ortopedi, Armin Tehrany, mengatakan bahwa sebenarnya membunyikan punggung tidak apa-apa. Asal, jangan setiap hari, apalagi terlalu sering. Bisa bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

" Sesekali tidak apa-apa, tetap meretakkan punggun setiap hari dapat menyebabkan tulang rawan aur, menyebabkan rasa sakit, atau mungkin robekan tendon dan ligamen."

2 dari 3 halaman

Tidak Disarankan

Sementara itu, Dr. Amadeo Drian Basfiansa dari Alodokter, sangat tidak menyarankan untuk membunyikan punggung, termasuk jari tangan dan laher. Meskipun tidak ada penelitian yang membuktikan manfaat untuk melakukannya, dan untuk tidak melakukannya. Namun jika memang dilakukan dan berlebihan, punggung bisa mengalami cedera otot dan persendian. Jika tidak dilakukan dengan yang profesional, lebih baik untuk dihindari.

Dr. Amadeo pun menyarankan untuk mengompres punggung saja dengan air hangat. Bisa juga dengan memasang koyo, atau melakukan pemijatan dengan ahlinya karena terbukti secara penelitian tingkat amannya.

 

3 dari 3 halaman

Begitulah. Jadi sebaiknya ya jangan deh. Kalaupun emang pengin banget bunyiin punggung, jangan berlebihan, ya. Semoga bermanfaat~

 

Beri Komentar