Habis Selesai Makan Langsung BAB, Normal atau Tidak ya?

Reporter : Mila Ismiranda
Sabtu, 14 Mei 2022 07:57
Habis Selesai Makan Langsung BAB, Normal atau Tidak ya?
Kalian pasti pernah dong mengalami yang seperti ini?

BAB adalah salah satu momen yang patut disyukuri. Pasalnya, setelah BAB pastinya kita akan lebih lega karena 'sampah' pada perut akhirnya terbuang juga.

Tapi, pernah gak pada saat selesai makan, kamu langsung kebelet untuk BAB? Nah, kira-kira hal ini normal dan bahaya untuk kesehatan gak ya? Daripada penasaran, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah yuk!

1 dari 4 halaman

Hal yang Normal

Ilustrasi DiareIlustrasi Diare © Shutterstock

Habis makan langsung BAB? Tenang, melansir Hello Sehat, makan setelah BAB itu masih tergolong normal kok. Karena, kemungkinan besar 'sampah' yang kamu keluarkan itu adalah makanan dan minuman yang kamu makan beberapa jam lalu, bukan makanan yang baru saja kamu makan.

Intinya, kalau masih BAB 1-2 kali dalam sehari masih tergolong normal.

2 dari 4 halaman

Makanan Butuh Proses Cerna

Makanan yang kita makan tentunya butuh waktu untuk dicerna. Hingga akhirnya setelah melalui berbagai macam proses, terbuanglah 'sampah' itu.

Jadi sebenarnya makanan dan minuman yang baru kita konsumsi gak bisa langsung dibuang begitu saja. Mungkin, sekitar 4-8 jam baru bisa dikeluarkan menjadi BAB. Hal ini kembali lagi bergantung pada jenis makanan dan minuman apa yang dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

Waspada Kalau...

Meski normal, yang perlu dikhawatirkan adalah kalau makan langsung BAB ini terjadi sering waktu, bahkan terus-terusan. Hal tersebut bisa jadi pertanda adanya gangguan pencernaan seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar.

Kondisi ini adalah kumpulan gejala akibat iritasi pada saluran pencernaan. Beberapa gejala yang bisa timbul akibat kondisi ini seperti: sakit atau kram perut yang berulang, kembung, diare, atau sembelit. Sindrom iritasi usus besar adalah kondisi jangka panjang yang bersifat kambuhan.

Beri Komentar