Habis Minum Kopi Perut Jadi Mual, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 6 Februari 2022 07:27
Habis Minum Kopi Perut Jadi Mual, Kenapa Ya?
Kalian juga sering gini nggak sih~

Kopi nampaknya sudah menjadi teman masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebelum mulai bekerja, ngopi dulu biar semangat dan fokus. Kalau lagi sama teman-teman juga ngopi biar ngobrol jadi asik. Kalau kamu ngopi biasanya pas lagi ngapain aja?

Namun, kita sering merasakan bukan, setelah ngopi perut jadi mual. Kira-kira kenapa, ya?

 

1 dari 4 halaman

Melansir dari Livestrone via Merdeka.com, Marie Sparno, RD. CSCS, mengungkapkan bahwa mereka yang punya asam lambung bisa mual jika mengkonsumsi kopi. Perut kita sendiri sebenarnya bersifat asam, ditambah kafein kopi bisa meningkatkan keasaman perut.

Ilustrasi Wanita Minum KopiIlustrasi Wanita Minum Kopi © Shutterstock

" Bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung, minum kopi bisa menyebabkan mual," ucap Marie Spano.

 

2 dari 4 halaman

Selain itu, penyebab mual setelah minum kopi adalah karena mengkonsumsinya dalam keadaan perut kosong. Lapisan perut bisa iritasi, serta juga bisa menstimulasi peleasan gastrin yang membuat perut tertekan sehingga menyebabkan mual.

" Kopi jadi sangat asam ketika dikonsumsi saat perut kosong dan bisa menyebabkan iritasi pada lapisan perut yang berujung mual pada sejumlah orang," ucap Mehan Naeem, RDN, pakar diet dan nutrisi," tambahnya.

" Kondisi ini menstimulasi pelepasan gastrin yang berujung tekanan di perut ketika diproduksi dalam jumlah banyak. Hal ini juga membuatmu merasa mual. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi kopi pastikan untuk makan terlebih dahulu."

 

3 dari 4 halaman

Terlepas dari kedua hal tersebut, ternyata konsumsi obat tertentu bisa bikin perut mual ketika berinteraksi dengan kafein kopi yang dikonsumsi. Sebut saja obat antibakteri, obat asama, dan obat antidepresan.

Ilustrasi Wanita MualIlustrasi Wanita Mual © Shutterstock

" Mual merupakan salah satu efek samping yang mungkin terjadi akibat interaksi obat dan kafein," jelas Jenna Volpe, RDN, LD, pakar diet dan pakar herbal. " Seseorang harus selalu memastikan label makanan secara hati-hati ketika mengonsumsi obat untuk menghindari interaksi makanan dan obat ini."

 

Beri Komentar