Dampak Kesehatan Ketika Tidur dengan Pasangan yang Mendengkur

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 25 Januari 2021 08:25
Dampak Kesehatan Ketika Tidur dengan Pasangan yang Mendengkur
Nggak sembarangan, ternyata ini lho dampaknya bagi kesehatan.

Mendengkur adalah alah satu gangguan tidur yang kerap dialami banyak orang. Hal ini juga kerap mengganggu orang lain yang tidur disekitarnya.

Namun ternyata, hal ini tak hanya mengganggu tidur pasangan atau orang disekitar juga lho. Ada dampak lainnya juga yang dapat mengganggu kesehatan.


Ketika seseorang kekurangan tidur di malam hari, hal ini dapat mengganggu fungsi biologis penting seperti mengatur metabolsime serta konsolidasi memori.

Dilansir dari NY Post, berikut ini beberapa dampak kesehatan yang dapat terjadi karena hal ini.

1 dari 2 halaman

Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

ilustrasi tidur dengan pasangan © Diadona

Masalah ini juga rentan dialami oleh orang yang mendengkur juga karena berhubungan dengan gangguan tidur yang konstan. Hal ini juga dapat berdampak pada hubungan dengan pasangan.

Masalah rumah tangga yang terjadi ini bisa membuat atmosfer rumah menjadi buruk. Lebih lanjut, hal ini bisa memicu stres, peradangan, perubahan selera makan, dan bahkan sistem kekebalan tubuh yang memburuk.

2 dari 2 halaman

Jantung dan Ginjal

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Menurut penelitian yang dilakukan di Imperial College of Science, London mengungkapkan jika mendengkur bisa meningkatkan tekanan darah. Tingginya tingkat kebisingan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang berujung demensia, penyakit jantung, dan masalah ginjal.

Tingkat kebisingan yang muncul dari mendengkur ini, pada beberapa hal bisa serupa dengan suara alat berat. Tentu saja hal ini bisa sangat mengganggu dan menyebabkan gangguan tidur.

Mendengkur bisa timbulkan sejumlah masalah kesehatan bagi diri sendiri ataupun orang lain. Nah karena itu penting untuk segera mengatasi salah satu gangguan pada tidur ini ya.

 

 

Beri Komentar