Memasuki Usia 40-an, Ini Sederet Makanan yang Dapat Atasi Penuaan

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 22 Januari 2021 09:25
Memasuki Usia 40-an, Ini Sederet Makanan yang Dapat Atasi Penuaan
Tak melulu skincare, sederet sayur dan buah-buahan ini dapat membantu atasi penuaan menjelang usia senja lho.

Penuaan adalah suatu hal yang tak dapat dihindari, terlebih ketika memasuki usia senja seperti 40 tahun ke atas. Kemunculan garis halus jadi suatu hal yang wajar.

Karena itu penting untuk mengatur makanan yang bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan yang dibutuhkan kulit tubuh.

Dilansir dari healthline.com, ada beberapa buah dan sayuran yang dapat memerangi munculnya garis halus dan kulit kusam lho. Kira-kira apa saja, simak berikut ini yuk!

1 dari 5 halaman

Pepaya

Ilustrasi Pepaya © Diadona

Pepaya kandungan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan keriput.

Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A, C, K, dan E, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin B. Beragam antioksidan dalam pepaya dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat menunda tanda-tanda penuaan.

2 dari 5 halaman

Brokoli

brokoli © Diadona

Brokoli sering disebut dengan sayurang anti-inflamasi, anti-penuaan karena memiliki kandungan vitamin C dan K, berbagai antioksidan, serat, folat, lutein, dan kalsium.

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk produksi kolagen, protein utama dalam kulit yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit.

3 dari 5 halaman

Bayam

21 Manfaat Sayur Bayam Merah dan Hijau Untuk Kesehatan Juga Kecantikan © Diadona

Bayam dapat menghidrasi tubuh dengan kandungan antioksidan yang membantu mengoksidasi dan mengisi seluruh tubuh dengan vitamin, A, C, E, dan K, magnesium, besi heme nabati, dan lutein.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada bayam dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus.

4 dari 5 halaman

Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang-Kacangan © Diadona

Kacang-kacangan seperti almond, merupakan sumber vitamin E yang dapat membantu memperbaiki jaringan kulit, mempertahankan kelembaban kulit, dan melindungi kulit dari sinar UV yang merusak.

Walnut bahkan mengandung asam lemak omega-3, anti-inflamasi yang dapat membantu memperkuat selaput sel kulit, melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari, dan membuat kulit bercahaya secara alami.

5 dari 5 halaman

Avokad

Manfaat Biji Alpukat © Diadona

Avokad mengandung berbagai nutrisi yang dapat mencegah efek negatif dari penuaan di usia 40an, termasuk vitamin K, C, dan A, vitamin B, dan kalium.

Kandungan vitamin A yang tinggi dapat membantu tubuh melepaskan sel-sel kulit mati, sehingga kulit terlihat indah dan bersinar.

Kandungan karotenoid pada avokad juga membantu menghalau racun dan kerusakan dari sinar matahari dan melindungi kulit terhadap kanker kulit.

Nah itu dia makanan sehat yang dapat membantu mengatasi penuaan yang terjadi pada kulit. Selamat mencoba!

Beri Komentar