Cara Menghilangkan Bau Mulut Mengganggu Saat Berpuasa, Ampuh Banget nih!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 27 April 2020 13:26
Cara Menghilangkan Bau Mulut Mengganggu Saat Berpuasa, Ampuh Banget nih!
Lakukan cara menghilangkan bau mulut ini yuk!

Memasuki bulan suci ramadan, setiap umat islam diwajibkan untuk melakukan puasa selama satu bulan lamanya. Nggak hanya menghadapi tantangan menahan haus, lapar dan nafsu, pada saat puasa juga sering kita menghadapi bau mulut.

Sebrnarnya bau mulut merupakan suatu hal yang wajar ketika sedang berpuasa. Hal ini disebabka karena produksi air liur dalam mulut yang mengalami pengurangan, sehingga muncul bakteri yang lebih banyak.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, dilansir dari berbaai sumber, berikut ini adalah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menhilangkan baumulut mengganggu saat puasa.

1 dari 6 halaman

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Cara menghilangkan bau mulut sat puasa adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran merupakan bahan makanan yyang kaya akan antioksidan, mineral, vitamin dan air yang tinggi.

Makanan ini dapat menghilangkan bau mulut karena mereka dapat meningaktkan produksi air liur.

2 dari 6 halaman

Hindari konsumsi gula berlebih

Ilustrasi Es Campur yang Enak © Diadona

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi gula berlebih. Yah, meskipun makanan manis merupakan favorit banyak orang karena rasanya yang enak, namunternyata kandungan gula yang berlebih dapat menimbulkan bau mulut hingga karies (gigi berlubang).

3 dari 6 halaman

Hindari konsumsi makanan yang berbau tajam

Ilustrasi jengkol sambel teri © Diadona


Cara menghilangkan bau mulut lainnya adalah dengan menhindari makanan yang berbau tajam seperti bawang, jengkol hingga petai. Hal ini karena beberapa jenis makanan yang berbau tajam akan lebih lama bertahan di dalam mulut lantaran berkurangnya produksi air liur yang dapat mencegah perkembangan bakteri dan bau mulut.

4 dari 6 halaman

Konsumsi air yang cukup

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Konsumsi air putih dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Seperti halnya dengan produksi air liur yang dapat mengurang ibakteri di mulut.

Kamu dapat meminum air putih 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 4 gelas air di malam hari sebelum tidur.

 

5 dari 6 halaman

Bersihkan gigi dan mulut dengan rutin

Ilustrasi sikat gigi © Diadona
Cara menghilangkan bau mulut dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan gigidan mulut.

Kamu dapat menyikan gigi 2 kali sehari yaitu sesaat setelah sahur dan juga setelah berbuka puasa.

Selain itu, kamu juga dapat membersihkan lidah setelah menyikat gigi dengan alat pembersih lidah, menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan, dan menggunakan obat kumur untuk membersihkan mulut agar bau mulut dapat teratasi.

6 dari 6 halaman

Berhenti merokok

ilustrasi wanita merokok © Diadona


Cara menghilangkan bau mulut yang terakhir adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok ini. Tembakau yang terkandung dalamm rokok akan memicu bau tidak sedap pada mulut.

Nggak cuma itu, kebiasaan merokok juga dipercaya dapat mengurangi produksi air liur sehingga membuat mulut semakin berbau dan dapat meningkatkan risiko terjadinya radang gusi lho.

Jadi kamu dapat lakukan cara menghilangkan bau mmulut ini ya. Jangan sampai deh bau mulut yang nggak sedap tercium orang lain. Malu banget kan!

Beri Komentar