Cara Membuat Oralit yang Aman Dilakukan di Rumah untuk Atasi Diare, Nih Biar Nggak Ngasal

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 27 Oktober 2021 08:00
Cara Membuat Oralit yang Aman Dilakukan di Rumah untuk Atasi Diare, Nih Biar Nggak Ngasal
Meskipun cara membuat oralit mudah, tetap ada hal yang harus kamu perhatikan loh.

Salah satu gejala penyakit yang sering datang dan sangat menganggu adalah diare. Penyakit ini memaksa kita kita untuk sering mengunjungi WC tak peduli di mana pun kita berada. Tapi, ada obat alami yang yang ternyata sudah digunakan oleh nenek moyang kita secara turun temurun loh, yakni oralit. Cara membuat oralit ini pun bisa dilakukan di rumah.

Jadi, bagi yang belum tahu, oralit itu adalah minuman khusus yang terdiri dari gula, garam, dan air. Oralit berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat penyakit diare atau muntah. Cara membuat oralit ini sangat mudah dan tentu saja bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Meskipun cara membuat oralit mudah, tetap ada hal yang harus kamu perhatikan loh. Ya agar tidak ada efek buruk dari obat ini aja sih alias biar lebih aman hehe. Dan sepertinya masih belum banyak yang tahu cara membuat larutan oralit ini dengan benar dan aman.

Diadona.id telah merangkum cara membuat oralit ini dari berbagai sumber. Tentu saja ini adalah cara yang aman dan bisa kamu jadikan referensi. Jadi, yuk simak uraiannya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Oralit

1. Mencuci tangan dan alat yang digunakan

Cara Membuat OralitCara Membuat Oralit © Pexels.com

Melansir dari laman liputan6.com, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam cara membuat oralit yakni adalah mencuci tangan. Nggak hanya itu, alat-alat yang digunakan seperti gelas, sendok, panci, juga harus dipatikan kebersihannya.

Kebersihan memang satu hal yang sangat ditekankan dalam cara membuat oralit. Tujuannya tidak bukan dan tidak lain adalah agar oralit yang dibuat terhindar dan kontaminasi kuman atau kotoran.

2. Masak air bersih

Cara membuat oralit yang selanjutnya adalah memasak air yang bersih. Jadi, siapkan satu gelas air atau sebanyak 200 cc. Oh iya, pastikan airnya adakah air bersih ya. Kemudian, tuangkan air tersebut ke dalam panci dan panasakan hingga matang.

2 dari 4 halaman

3. Campurkan garam elektrolit

Cara Membuat OralitCara Membuat Oralit © Unsplash.com

Nah, jika air tadi sudah disiapkan, cara membuat oralit yang selanjutnya adalah mencampurkan komposisi utama dari oralit itu sendiri yakni garam dan gula. Langsung saja masukkan satu sendok teh gula pasir dan ditambahkan dengan seperempat sendok teh garam.

4. Larutkan

Terakhir, cara membuat oralit adalah dengan melarutkan garam dan gula tadi dengan sempurna. Jadi, aduk gula dan garam yang sudah dilarutkan tadi dengan sendok hingga larut dengan sempurna. Jika sudah larut dengan sempurna, kamu bisa langsung mengkonsumsi larutan oralit tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara dan Waktu untuk Mengonsumsi Oralit

1. Cara penggunaan yang benar

Cara Membuat OralitCara Membuat Oralit © Unsplash.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, gunakan air yang sudah matang untuk membuat larutan iralit ini. Air hangat adalah yang paling bagus. Kemudian, jangan menggunakan larutan oralit setelah lebih dari 24 jam. Buatlah larutan yang baru bila sudah melebih waktu 24 jam.

Nah, jika kamu menagalami muntah, sebaiknya hentikan penggunaan oralit terlebih dahulu. Nah, setelah kurang lebih 5 menit, kamu bisa mengonsumsinya sedikit demi sedikit lagi.

4 dari 4 halaman

2. Waktu untuk mengonsumsi

Cara Membuat OralitCara Membuat Oralit © Pexels.com

Jadi, waktu terabik untuk mengonsumsi oralit adalah ketika kamu selesai buang air ketika kamu diare. Tapi, jika diarenya disertai muntah-muntah, minumlah oralit 5-10 menit setelah muntah.

Oralit ini aman dikonsumsi secara berkala kok ketika kamu menderita diare. Nah, jika kamu sudah benar-benar sembut dari diare, kamu bisa menghentikan penggunaan oralit tersebut.

Jadi itu lah cara membuat oralit serat waktu mengonsumsinya yang tepat. Tentu saja oralit ini akan sangat membantu untuk kamu yang sedang diare. Oralit akan dengan cepat mengembalikan atau menggantikan cairan tubuh kamu yang hilang akibat diare. So, selamat mencoba ya!

Beri Komentar