Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 5 Oktober 2022 12:50
Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah yang Baik untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat minyak kelapa sangatlah banyak. Yuk simak cara membuat minyak kelapa dengan mudah dan berkhasiat dibawah ini.

Tentu kita semua mengetahui banyak manfaat dari kelapa, baik dari daunnya, buahnya, batangnya, akarnya, bahkan minyak nya. Minyak kelapa sendiri memiliki beberapa jenisnya, seperti minyak kelapa VCO dan minyak kelapa murni, kalau begitu bagaimana cara membuat minyak kelapa tersebut?

Minyak kelapa memiliki beberapa kelebihan daripada minyak-minyak lain, diantaranya adalah mencegah kolesterol, diet, kelembapan kulit, membasmi kutu rambut, dan mencegah diabetes. Nah, makin penasaran kan dengan cara membuat minyak kelapa yang bagus? Yuk simak cara-caranya!

 

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Minyak Kelapa Virgin Coconut Oil

cara membuat minyak kelapa Virgin Coconut Oil © Diadona

Terdapat beberapa cara membuat minyak kelapa vco atau Virgin Coconut Oil dengan mudah, berikut cara-caranya

1. Tanpa pemanasan

Cara membuat minyak kelapa yang satu ini akan menghasilkan warna minyak bening, yang kerap disebut sebagai virgin coconut oil. Anda perlu menyiapkan daging kelapa tua dan ikuti langkah pembuatannya sebagai berikut:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  • Masukkan santan ke kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan, yakni santan di atas dan air di bawah.
  • Lubangi bagian bawah plastik agar air terpisah dan terbuang
  • Tuang santan kental ke wadah plastik, tutup rapat, dan simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam
  • Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan, yakni minyak kelapa (atas), santan (tengah), air (bawah)
  • Sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.
  • Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas sehingga bagian atas dari ketiga lapisan tersebut membeku. Ambil bagian beku yang merupakan minyak, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut. Tetesan minyak dari tisu itulah yang disebut dengan VCO atau Virgin Coconut Oil

2. Dengan pemanasan

Cara membuat minyak kelapa lainnya adalah dengan memanaskan santan kelapa terlebih dahulu. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  • Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Pastikan santan tidak hangus dengan sesekali mengaduknya.
  • Setelah santan berubah menjadi kecoklatan dan lebih kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan tersebut.
  • Matikan api dan diamkan di suhu ruang.
  • Setelah tidak lagi panas, sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.
  • Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas sehingga bagian atas dari santan tersebut membeku. Ambil bagian beku yang merupakan minyak kelapa, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Minyak Kelapa untuk Rambut

cara membuat minyak kelapa untuk rambut © Diadona

Nah kalau minyak kelapa yang ini bagus untuk kesehatan rambut. Berikut cara membuat minyak kelapa untuk rambut

1. Buang Kulitnya

Pegang kelapa dengan mantap (telapak menghadap ke atas) dan banting tulang belakang pisau ke dalamnya hingga retak. Untuk lebih mudah, bisa membungkus kelapa dengan handuk.

Dengan menggunakan palu, ketuk perlahan beberapa bagian kelapa sampai kulit coklatnya retak. Ambil cangkang yang tersisa dengan hati-hati.  bisa menyisihkan air kelapa untuk diminum.

2. Parut Kelapa

Langkah selanjutnya dalam cara membuat minyak kelapa adalah parut kelapa dengan tangan menggunakan sisi parutan halus.  juga bisa menggunakan food processor atau blender untuk memarut kelapa.

3. Rendam dan Saring

Tambahkan sekitar 1 - 3 cangkir air ke kelapa parut (cairan tambahan akan membantu saat memeras santannya). Peras santan dari parutan kelapa dengan tangan.

 juga bisa menggunakan kain katun tipis untuk memerasnya. Kemudian saring santan melalui saringan untuk mengeluarkan sebanyak mungkin serpihan yang tersisa.

4. Panaskan

Cara membuat minyak kelapa selanjutnya, masukkan santan ke dalam panci besar dan biarkan hangat. Namun, jangan sampai santan mendidih, ya . Cukup hangatkan dan matikan api serta jangan aduk campurannya.

5. Dinginkan

Biarkan santan dingin. Namun,  bisa hanya membiarkannya sampai sedikit hangat, kira-kira hingga suhu ruangan.

 juga boleh membiarkannya di lemari es untuk sementara waktu.

6. Skim

Setelah didinginkan,  akan melihat bahwa lemak kelapa itu berlapis-lapis di atas air kelapa. Gunakan sendok untuk membuang lemak di atasnya dan masukkan ke dalam wajan.

 bisa menggunakan panci stainless steel untuk menaruh lemak ini.

7. Rebus

Aduk sedikit saja selama proses ini. Biarkan “ puding” kelapa mendidih, lalu kecilkan api menjadi sedang dan biarkan mendidih selama kurang lebih 45 menit (tergantung pada banyaknya sisa puding).

Pada proses ini, penampilan akan berubah.  akan melihat bintik-bintik bening (minyak) dan limbah tebal berwarna keabu-abuan atau kecoklatan.

Minyak akan terus terpisah dari limbah yang sudah dimasak. Akhirnya, bisa menggunakan sendok dan memisahkan keduanya.

8. Saring dan Dinginkan

Saring minyak dengan saringan atau dengan kain katun tipis. Biarkan benar-benar dingin dan gunakan untuk melembabkan kulit, rambut, atau untuk lulur.

 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Obat Gatal

Cara membuat minyak kelapa untuk obat gatal © Diadona

Tak hanya berkhasiat untuk rambut, minyak kelapa juga bermanfaat untuk kulit, berikut cara membuat minyak rambut untuk obat gatal kulit kamu!

Cara 1: Merebus kelapa

Siapkan 4 gelas air, lalu panaskan hingga beruap. Sambil menunggu air beruap, parut 2 butir kelapa yang sudah tua. Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu haluskan menggunakan blender.

Saring air kelapa yang sudah dihaluskan menggunakan saringan yang rapat untuk mendapatkan santan. Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang.

Aduk terus tanpa henti hingga air mendidih, beruap, dan santan yang berwarna kecoklatan terpisah dari minyak. Proses ini umumnya memakan waktu hingga 1 jam.

Cara 2: Menyaring kelapa

Potong kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender hingga halus dan jika dibutuhkan, Anda bisa menambahkan air untuk memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya.

Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air dan lakukan berulang agar menghasilkan santan yang banyak. Diamkan hasil perasan dalam wadah toples selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak kelapa terpisah.

Cara 3: Mengendapkan kelapa

Gunakan kelapa segar atau kelapa parut tawar yang dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil dan keringkan selama 1 hari. Namun, jika memakai kelapa parut yang dijual di toko, pastikan Anda memakai jenis kelapa yang permukaannya kasar.

Masukkan kelapa ke blender sedikit demi sedikit. Tuangkan hasil blender ke dalam toples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama sehari penuh. Setelah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di permukaan, sedangkan lapisan kental akan mengendap di dasar toples.

Nah, lumayan mudah kan untuk mendapat khasiat yang begitu besar? Begitulah cara membuat minyak kelapa yang baik untuk tubuhmu, semoga bermanfaat!

Penulis Mohammad Effendi

Beri Komentar