Ini Sederet Manfaat Minyak Kelapa Sawit bagi Kecantikan, Patut Dicoba!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 15 Mei 2021 10:15
Ini Sederet Manfaat Minyak Kelapa Sawit bagi Kecantikan, Patut Dicoba!
Manfaatnya mulai dari untuk rambut sampai kulit.

Minyak kelapa sawit telah dikonsumsi selama lebih dari 5.000 tahun terakhir. Sebagai tanaman unggulan, minyak kelapa sawit diketahui menjadi minyak nabati paling umum kedua yang diproduksi di seluruh dunia.

Menurut American Palm Oil Council, minyak kelapa sawit memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan. Namun belakangan, penelitian mulai menemukan bahwa minyak kelapa sawit memiliki manfaat tambahan untuk bidang kecantikan, utamanya pada rambut dan kulit.

Melansir dari Live Strong, berikut ada beragam manfaat minyak kelapa sawit untuk kecantikan. Check this out!

1 dari 4 halaman

1. Anti penuaan

Ilustrasi Wajah Awet Muda © Diadona

Minyak kelapa sawit memiliki kandungan toctrienol yang sulit ditemukan. Kandungan ini termasuk dalam golongan vitamin E, namun berbeda dari kandungan tokoferol yang sudah banyak dimanfaatkan.

Sebagai antioksidan, toctrienol terbukti efektif untuk mencegah penuaan dan kerusakan akibat radikal bebas. Toctrienol bekerja dengan menembus jauh ke dalam lapisan kulit untuk menyembuhkan dan melindungi kulit dari dalam.

2 dari 4 halaman

2. Membersihkan dan melembapkan

Ilustrasi Kulit Lembab © Diadona

Minyak kelapa sawit memiliki kemampuan untuk membersihkan minyak dan kotoran dari rambut serta kulit. Dengan kandungan agen refatting di dalamnya, minyak kelapa sawit bekerja untuk mengembalikan minyak alami pada rambut dan kulit.

Selain itu, minyak kelapa sawit juga bekerja sebagai pelembap untuk membuat kulit jadi lebih lembut dan kenyal.

3 dari 4 halaman

3. Menyehatkan rambut

Ilustrasi Rambut Sehat © Diadona

Secara alami, rambut membutuhkan vitamin A dan E untuk menutrisi akar dan kulit kepala. Dua kandungan inilah yang tersimpan dalam minyak kelapa sawit.

Seperti yang dijabarkan sebelumnya, minyak kelapa sawit kaya akan vitamin E dan juga beta karoten. Beta karoten ini nantinya akan berubah menjadi vitamin A untuk membantu menyehatkan rambut.

Beri Komentar