Cara Diet OCD untuk Wanita dan Pemula dalam Seminggu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 13 Februari 2020 15:48
Cara Diet OCD untuk Wanita dan Pemula dalam Seminggu
Diet ini ngetrend banget beberapa waktu yang lalu dan sempet bikin heboh karena pro dan kontranya. Meski begitu, banyak yang berhasilan menurunkan berat badan dengan cara diet OCD ini.

Kamu pasti tau deh dengan istilah diet OCD. Diet ini pernah sangat terkenal beberapa waktu yang lalu, dan dipopulerkan oleh artis Dedy Corbuzier. Bahkan, nama OCD sendiri merupakan kependekan dari Obsessive Corbuzier's Diet.

Diperkenalkan di tahun 2013 silam, diet ini menuai banyak pro dan kontra. Mereka yang pro, memberikan testimoni positif pada keberhasilan diet ini sendiri serta melihat bukti nyata dari keberhasilan diet sang pelopor.

Dedy sendiri menuturkan kalau diet OCD hampir mirip dengan menjalankan puasa. Namun bila puasa dilakukan untuk ibadah dan mengejar pahala, bedanya, puasa pada diet OCD untuk mengejar penurunan berat badan.

Untuk kamu yang sedang mencari diet apa yang cocok untuk kebutuhan dan gaya hidup kamu, boleh nih mencoba cara diet OCD. Siapa tahu dengan cara diet OCD kamu bisa mendapatkan berat badan impian.

1 dari 3 halaman

Cara Diet OCD untuk Wanita

Ilustrasi Diet MakanIlustrasi Diet Makan © 2019 https://www.diadona.id/freepik

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kalau diet OCD sama halnya seperti dengan puasa. Kamu boleh makan di jam tertentu dan ngga diperbolehkan makan sampai saat-saat tertentu juga. Pembatasan waktu makan pertama tersebut dalam cara diet OCD disebut dengan Jendela Makan.

Jendela Makan Pertama

Dalam cara diet OCD, aturan Jendela Makan Pertama yakni dimulai dengan makan pertama di jam yang sudah ditentukan, kemudian memberi jangka waktu 8 jam untuk jadwal makan selanjutnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan puasa makanan selama 16 jam.

Contohnya begini nih.
1. Kamu mulai makan jam 11 siang, maka kamu tetap bisa makan apapun sampai 8 jam ke depan yakni sampai pukul 7 malam.
2. Selanjutnya dari pukul 7 malam sampai 16 ke depan, kamu harus berpuasa. Tapi puasa tersebut hanya merujuk pada puasa makanan saja kok, karena kamu masih akan tetap diperbolehkan minum. Hanya saja minum air putih ya, bukan susu, jus atau minuman berkalori lainnya.

Jendela makan pertama ini biasanya dilakukan sebagai cara diet OCD bagi para pemula. Setelah sudah terbiasa, mereka dapat naik tingkat ke Jendela Makan Kedua

Resolusi Diet di Tahun 2020Resolusi Diet di Tahun 2020 © https://www.womenfitness.org/

Jendela Makan Kedua

Tata cara diet OCD dengan Jendela Makan Kedua ini sama-sama merupakan pembatasan waktu makan, cuman beda batasan waktu makan saja. Pada tingkatan kedua diet OCD ini, kamu punya waktu bebas makan selama 6 jam dan 18 jam sisanya berpuasa.

Misalnya nih,
1. Kamu mulai makan jam 11 siang, maka kamu tetap bisa makan apapun sampai 6 jam ke depan yakni sampai pukul 5 sore.
2. Selanjutnya dari pukul 5 sore sampai 18 ke depan, kamu harus berpuasa.

Berat memang, dan tubuh kamu tentu belum terbiasa dengan cara diet OCD Jendela Kedua ini. Triknya, coba deh dengan melakukan kombinasi diet Jendela Pertama dengan Jendela Kedua.

Contohnya, lakukan diet OCD Jendela Pertama selama 6 hari lalu 1 hari terakhir kamu gunakan untuk diet OCD Jendela Kedua. Dan tingkatkan terus kemampuan kamu biar semakin lama kamu terbiasa dengan cara diet OCD Jendela Kedua.

Ilustrasi Perempuan DietIlustrasi Perempuan Diet © 2019 https://www.diadona.id/familyeducation.com

Jendela Makan Ketiga

Dan yah, level cara diet OCD semakin meningkat di Jendela Makan Ketiga ini. Artinya, tentu saja semakin sebentar kesempatakan kamu untuk untuk bebas makn dalam satu hari tersebut.

Dalam cara diet OCD Jendela Makan Ketiga, kamu cuman diperbolehkan makan selama 4 jam, sedangkan 20 jam sisanya mengharuskan kamu untuk berpuasa.

Contohnya,
1. Kamu mulai makan jam 11 siang, maka kamu hanya diperbolehkan makan apapun sampai jam 3 sore.
2. Selanjutnya dari jam 3 sore sampai jam 11 siang keesokan harinya, kamu harus berpuasa.

Belum kuat menjalani cara diet OCD dengan Jendela Makan Ketiga? Pelan-pelan aja sis, coba deh kombinasikan dengan Jendela Makan Kedua dan Jendela Makan Pertama seperti di awal kamu menjalaninya. Mulai dengan cara diet OCD Jendela Ketiga dalam satu hari dulu dalam seminggu, dan tingkatkan kemampuan kamu.

Ilustrasi SayuranIlustrasi Sayuran © 2019 https://www.diadona.id/mashed

Jendela Makan Keempat

Kamu pasti sudah langsung ngeri yah mendengar tingkatan level cara diet OCD kali ini, karena seperti terlihat kamu nggak boleh makan selama 24 jam.

Tapi tenang aja, ini bukan berarti kamu nggak boleh makan sama sekali. Kamu tetap diperbolehkan makan di satu jam dalam sehari, lalu puasa sampai 'berbuka' di jam yang sama keesokan harinya.

Jangan panik dulu, karne kamu tetap bisa mengkombinasikan dengan cara diet OCD Jendela Makan Pertama, Kedua, maupun yang Ketiga.

Nah kalau kamu sudah mengerti mengenai pembatasan makan, coba deh simak tips cara diet OCD untuk metode pendukung diet sebelum memulai cara diet OCD Jendela Makan Pertama

2 dari 3 halaman

Cara Diet OCD untuk Pemula

Diet Ala Mediterania, Membantu Mencegah Berkembangnya Penyakit Jantung dan KardiovaskularDiet Ala Mediterania, Membantu Mencegah Berkembangnya Penyakit Jantung dan Kardiovaskular © © MEN

Berbeda dengan yang lainnya yang mengharuskan pembatasan jumlah dan jenis makanan, cara diet OCD ini mengacu pada pembatasan waktu makan. Namun, semuanya harus kamu lakukan dengan perlahan ya terlebih untuk kamu yang masih pemula. Alih-alih sehat dan langsing, kamu justru bisa jatuh sakit, lho!

Untuk kamu yang masih pemula dalam cara diet OCD, maka jangan langsung memulainya dari level yang sulit, seperti Jendela Makan Kedua, Ketiga, atau Keempat.

Mulailah dengan Jendela Makan Pertama dulu selama satu atau dua minggu. Lalu setelah terbiasa, lanjutkan dengan Jendela Makan Kedua dan berlanjut ke Jendela Makan selanjutnya.

Nah kalau kamu sudah masuk ke tahap Jendela Makan Keempat, perlu untuk menyelingi dengan Jendela Makan yang lainnya juga. Nah kalau kamu sudah mendapatkan bentuk tubuh yang kamnu inginkan, jangan langsung melepas cara diet OCD agar tubuh kamu nggak terkejut dan malah balik ke berat badan sebelumnya.

Dengan konsistensi dan kerja keras, percaya deh kamu bisa melakukan cara diet OCD sampai level yang bisa membuat kamu mendapat berat badan yang kamu inginkan.

3 dari 3 halaman

Cara Diet OCD dalam Seminggu

Ilustrasi Memasak Makanan SehatIlustrasi Memasak Makanan Sehat © 2019 https://www.diadona.id/pitterpatter.com

Untuk kamu yang juga sedang melajkukan cara diet OCD pemula, maka atur deh waktu seminggu tersebut dengan jadwal makan yang seperti biasa, lalu dikombinasikan dengan Jendela Makan Pertama.

Misalnya, diawali dengan dua hari Jendela Makan Pertama dan sisanya dalam rutinitas normal. Naikkan jumlah hari untuk cara diet OCD, hingga selama satu minggu tersebut sudah terpenuhi menjalani Jendela Makan Pertama.

Kalau kamu sudah merasa yakin dan bisa naik ke level selanjutnya, kamu bisa mulai melakukan Jendela Makan Kedua. Pelan dulu sis, misalnya satu hari dalam seminggu tersebut dengan kombinasi dengan Jendela Makan Pertama. Selanjutnya bila kamu sudah terpenuhi selama seminggu penuh melakukan Jendela Makan Kedua, tingkatkan untuk melakukan Jendela Makan Ketiga

Tips Cara Diet OCD

Hindari Sarapan
Bukan berati dalam cara diet OCD ini kamu dilarang untuk makan di pagi hari. Menurut Dedy, sarapan membuat penambahan insulin dan bikin tubuh jadi gampang mengantuk. Dedy menyarankan untuk sarapan di 3-4 jam setelah bangun tidur. Misalnya, kamu bangun pukul 5 pagi, mulailah sarapan pada pukul 8 atau 9 pagi.

Tidak Makan Berlebihan
Nggak ada pantangan dalam cara diet OCD, yang ada hanyalah pembatasan jam makan. Tapi itu jabgan dijadikan alasan untuk makan secara berlebihan.

Makanlah dengan porsi seperti biasanya. Kalau kamu sudah merasa kenyang dengan satu porsi makanan, maka makanlah dengan satu porsi saja.

Beri Komentar